Thursday 12 June 2014

Spaghetty Dengan Bakso Daging, Siap Dalam Sekejap


Seperti biasa, setiap pagi saya selalu dipusingkan dengan menu bekal lunch si buyung disekolah. Biasanya yang paling aman ya nasi, ayam goreng dan lettuce. Tapi pagi tadi kebetulan tak ada ayam ataupun lauk pauk yang bisa dibawa kesekolah. Ditambah lagi saya yang kelupaan menanak nasi malam harinya. Ingin membuatkan sandwhich, tapi
tak punya roti. Ingin membuatkan mie goreng, tak ada mie telor, hehehe... Serba tak ada, karena memang saya belum sempat belanja lagi.

Akhirnya saya coba bongkar bongkar laci tempat stok makanan. Ternyata masih ada 2 bungkus spaghetty. Dan kebetulan lagi masih ada 1 botol saus bolognaise yang saya borong beberapa minggu yang lalu karena lagi diskon. Untungnya lagi masih ada 2 bungkus frozen bakso di freezer. Jadilah saya putuskan untuk membuatkan spaghety bakso saja untuk bekal si buyung. 

Tanpa pikir panjang lagi, dan karena waktunya yang mepet juga, langsung deh chop chop chop, tumis tumis, rebus rebus...15 menit kemudian, jadilah spaghety bakso untuk uda azzam. Walaupun saat masak mata tak henti-hentinya mencuri pandang ke jarum jam didinding...hehe...Alhamdulillah...

Anyway... spaghetty ini gampang sekali kok cara bikinnya. Cocok untuk yang ingin makan spaghetty yang enak tanpa ribet. Yuk, ini resepnya:

Bahan:
Spaghetty
Air bekas rebusan spaghetty sekitar 1/4 cup

Bahan Saos:
1/2 botol saos bolognaise siap pakai
2 siung bawang putih, iris halus
1 buah paprika, potong dadu
2 buah daun bawang, iris halus
4 buah bakso sapi, potong sesuai selera
1 sdm saos sambal (opt)
Garam, merica hitam, dan gula pasir secukupnya

Cara:
1. Rebus spaghetty didalam air mendidih yang telah diberi garam secukupnya. Masak hingga tekstur yang diinginkan. Setelah matang, saring, lalu sisihkan.
2. Tumis bawang putih hingga wangi, masukkan paprika dan bakso. Masak hingga paprika sedikit layu. Lalu masukkan bahan lainnya. Tambahkan sedikit air rebusan pasta. Lalu masak hingga mendidih dan saos mengental.
3. Campur spaghetty kedalam saos yang telah matang, campurkan hingga setiap helai spaghetty tertutup saos. Spaghetty siap disajikan.


O iya, menurut salah satu cooking channel yg saya tonton, saat merebus pasta sebaiknya jangan memasukkan minyak kedalam air rebusan. Agar spaghetty tidak lengket, langsung campurkan spaghetty kedalam saus yang telah matang. Saat penyajian, bisa ditambahkan ekstra saus diatasnya. 

Selamat mencoba... ^^

No comments:

Post a Comment