Wednesday 21 May 2014

Risoles


Dulu waktu saya masih kecil, mama sering sekali membuat jajanan2 pasar...rasanya hampir semua cemilan yg kami makan itu hasil bikinan mama...salah satunya yg sering dibikin oleh beliau adalah risoles.. risoles buatan mama memang tiada duanya...hehe...tapi saat kami semua sudah mulai beranjak dewasa beliau pun mulai jarang membuat jajanan lagi...selain faktor usia, mungkin juga karena banyaknya warung2 yang menjajakan camilan ini...tak perlu lagi repot2 harus masak sendiri...tinggal jalan ke tempat org yg jual gorengan, beres deh...hehe...


Namun, di Ncl ini mana ada warung gorengan...kalo mau makan gorengan yaaa bikin sendiri...ga susah sih sebenernya...hanya sedikit repot karena harus masak adonan kulitnya satu per satu...apalagi dengan kondisi punya baby begini...mantengin pan didepan kompor agak2 sulit dilakukan..kecuali kalo suami sdg dirumah dan lagi ga sibuk..bisa deh nitip si baby sebentar sementara emaknya sibuk obrak abrik dapur...

Kalo untuk isiannya, saya sering variasikan sesuai dgn apa yang ada di lemari es...tapi yang paling sering ya pake wortel dan kentang yg dipotong dadu, ayam cincang, daun bawang, garam, merica, sdikit pala bubuk, dan sedikit kecap manis. Sedangkan untuk kulitnya saya copas resep dari mba rieke disini. Kalo di resep aslinya beliau pake susu, saya lebih memilih untuk pake air biasa saja, plus saya tambah 1 sampai 2 sdm minyak goreng agar adonan kulit tidak lengket.

Ini resep kulit dr mba rieke yg saya sering pake:
100 gr terigu protein tinggi (saya pake terigu serba guna)
1/4 sdt garam
1/4 sdt merica putih bubuk
300 ml susu cair ( saya ganti air biasa)
1 butir telur
1/2 sdm margarin leleh atau 1 sdm vegetable oil

Bahan Isi:
3 buah wortel, potong dadu
4 buah kentang, potong dadu
1/2kg daging ayam/sapi cincang
1/4 bagian bawang bombay, iris halus
3 siung bawang putih, cincang halus
3 batang daun bawang, iris kasar
1/2 sdt garam
1/4 sdt merica putih
1/2 sdm kecap manis
1/4 sdt pala bubuk

Bahan untuk baluran:
2 butir telur + 2 sdm susu cair
Tepung roti
Minyak untuk menggoreng

Cara:
1. Buat isian terlebih dahulu. Panaskan wajan dengan sedikit minyak menggunakan api besar, masukkan ayam/daging cincang. Masak sebentar hingga kecoklatan, turunkan api menjadi sedang, masukkan bawang bombay dan bawang putih. Tumis semuanya hingga harum. Masukkan sedikit garam dan merica. Aduk rata. Lalu masukkan sisa bahan lainnya. Masak hingga matang. Tambah sedikit air bila perlu. Setelah matang, dinginkan.
2. Buat adonan untuk kulit. Aduk semua bahan jadi satu. saring bila perlu agar tidak ada gumpalan terigu yang belum tercampur rata. lalu ambil satu centong sayur adonan, masak di pan anti lengket. setelah bagian atasnya set, angkat. Lakukan sampai adonan habis.
3. Ambil satu lembar kulit, isi dengan 1 sdm bahan isi. Letakkan ditengah-tengah. Lipat bagian bawah kulit hingga menutupi isi, lalu lipat sisi kiri dan kanan kearah tengah, lalu gulung keatas. Lakukan sampai semua kulit habis.
4. Panaskan minyak didalam wajan. Kocok lepas telur dan susu cair, taruh dalam wadah. Siapkan tepung roti dalam wadah. Beri masing-masing kocokan telur dan tepung roti dengan sedikit garam dan merica. Celupkan risoles kedalam telur, lalu gulingkan kedalam tepung roti hingga seluruh permukaan risoles tertutup rata.
5. Goreng dalam minyak panas hingga kecoklatan. Angkat. Hidangkan dengan cabe rawit atau saos sambal.



Selamat mencoba... ^^

No comments:

Post a Comment