Friday 23 May 2014

Tahu Isi Favorite Keluarga...



Tahu isi adalah salah satu menu favorit suami.. pokoknya semua yg berhubungan dengan tahu beliau paling doyan. Tapi disini tahu lumayan mahal...6 potong tahu putih cina itu harganya hampir £2, atau sekitar Rp. 40.000,-...Jadinya sejak disini ya jarang2 makan tahu...

Masih berhubungan dengan cerita si tante kemaren, selain menyiapkan soto saya pun menyiapkan tahu isi...kebetulan di kulkas masih ada 1 bungkus tauge nganggur belum terjamah. ya sudah lah...dari pada repot mikirin camilannya..akhirnya saya memutuskan bikin tahu isi...

Ada cerita menarik dibalik tahu isi ini...Dulu saat di Bandung,
saya dan suami suka sekali jajan tahu isi yg disimpang dago...karena rasanya yg maknyus saya pun sering memperhatikan gimana cara penjualnya bikin tahu isi. Akhirnya suatu hari, berbekal pengamatan saya pun bertekad bikin tahu isi ala si penjual... Berhubung ini kali pertama saya bikin tahu isi, jadinya agak grogi juga...mana ada mertua lagi...huehe..Alhamdulillah, tahu isi pertama saya sukses dan mendapat apresiasi yg luar biasa dari para testernya...huehhe...udah deh...sejak saat itu, saya hampir ga pernah lagi jajan tahu isi...apalagi begitu saya tau kalo tahu isi salah satu camilan fav mertua saya...yipppieee...

Karena di Indo tahunya lebih padat dan ga gampang pecah, saya lebih suka menggoreng tahunya sebentar saya, baru kemudian dipotong dan diisi...tapi disini tahunya gampang bgt pecah dan teksturnya lebih jiggly..jadinya tahunya harus digoreng sampai kulit luarnya keras terlebih dahulu baru bisa dipotong segitiga dan diisi..

Setiap saya bikin tahu isi...ada yg selalu cengar cengir menanti di pintu dapur...siapa lagi kalo bukan suami tercinta...hihihi...
Yuuk..mari, makan tahu isi pake rawit plus ditemani secangkir kopi panas....hhmmmm...sllrrrppp...

Dari pada jajan tahu isi diluar mending bikin sendiri...ini resepnya kalo ada yg mau nyoba:
Bahan:
1 pack traditional tofu, belah 2, goreng hingga kecoklatan dikedua sisinya. Setelah dingin, potong segitiga, lalu keluarkan sedikit daging tahunya ( buat sedikit lubang atau rongga gitu...gimana ya cara menerangkannya? hihi...binun...pokoknya kyk tahu isi gitu deh...). sisihkan.

Isian:
2 buah wortel yg diserut/ iris2 korek api
1/2 bungkus taouge
1/4 potong red onion
2 siung bawang putih
2 batang daun bawang
garam, merica, dan sedikit kecap manis

Adonan Pelapis:
6sdm terigu
2 sdm tepung beras
garam, merica, dan bawang putih bubuk
Air secukupnya

Cara:
1. Buat bahan isian. tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum. masukkan wortel, tauge dan daun bawang. bumbui dgn garam, merica dan sedikt kecap manis. masak hingga sayuran mulai layu. angkat, dinginkan
2. Masukkan 1 sdt isian kedalam tahu. lakukan sampai semua tahu habis. sisihkan
3. Buat adonan pelapis. campur semua bahan menjadi satu hingga menjadi adonan yg agak kental. sisihkan.
4. Panaskan api didalam wajan. setelah panas, celupkan satu persatu tahu kedalam adonan pelapis, goreng hingga kecoklatan. Tahu isi siap dihidangkan..

Tahu siap digoreng

*Karena saya suka pedas, saya suka menyelipkan potongan cabe rawit kedalam isian..jadi pas makan tahu isi udah ga perlu gigit2 cabe rawit lagi karena isiannya udah cukup pedes..


No comments:

Post a Comment