Thursday 22 May 2014

Homemade Pizza



Pizza termasuk jenis makanan yg sering saya buat sendiri disini....Pernah sekali sih beli pre-cooked pizza di Iceland (salah satu swalayan di ncl), tp kok ya rasanya ga sesuai dgn lidah...akhirnya ya balik lagi ke homemade pizza..selain lebih ekonomis, toppingnya pun bisa disesuaikan dengan selera dan dengan apa yg ada tersisa dilemari es

Biasanya kalo bikin adonan pizza saya bikin cukup untuk 2x masak.. soalnya kalo setiap mau makan pizza harus bikin adonannya dulu ya males juga,
tapi kalo kebanyakan ya saya jg ga sanggup meng-uleni nya...huehe...secara saya ga punya kitchen aid atau mesin sejenisnya...hanya mengandalkan tangan saja...Jadi, setiap bikin pizza, adonan rotinya saya bagi 2. satu untuk dimasak saat itu, satunya lagi saya masukin freezer buat cadangan kapanpun ingin bikin pizza tinggal dikeluarkan dr freezer..

Untuk toppingnya saya lebih sering bikin dari canned tuna, saos bolognaise instan, sama mozarella cheese...kadang saya tambahin paprika kalo lg ada...atao irisan red onion...Kadang juga ditambah jagung pipilan...kadang juga pake irisan bakso...pokoke suka2 aja...namanya juga pizza ini...ga ada pakem khusus toh? hihihi...

Kalo lg ada wkt luang, ga ada salahnya mencoba bikin adonan pizza sendiri...ini resepnya roti pizzanya...

500gr terigu serba guna
1 bungkus active dry yeast yg dilarutkan bersama sekitar 100ml air hangat + 1 sdm gula pasir, diamkan hingga berbusa sekitar 5-10 menit
2 sdm veg oil atau olive oil
1/2 - 2 sdt garam
sedikit gula pasir (optional)

Cara:
Aduk semua bahan menjadi satu. uleni sampai kalis. diamkan dalam wadah yg telah dioles minyak dan ditutupi plastic wrap hingga mengembang 2x lipat ukuran semula.
# berhubung disini suhunya dingin, adonan bisa didiamkan didalam oven yg sebelumnya telah dipanaskan, atau dengan cara menaruh wadah yg berisi adonan diatas wadah lain yg lebih besar yg telah diisi air panas, kemudian tutup semua permukaannya dengan foil. diamkan selama lebih kurang 1,5 hingga 2 jam.
Setelah adonan mengembang, adonan bisa di bagi sesuai ukuran yang diinginkan. Bila ingin menyimpan adonan, bisa dengan membungkus adonan yg telah dibagi dengan plastick wrap.

Untuk toppingnya, saya biasanya menggunakan:
1 canned tuna, peras airnya
Bolognaise sauce instan plus, sedikit garam, black pepper, bawang merah dan putih bubuk, sedikit gula pasir, dried oregano. takarannya sesuai selera saja...
Shreded mozarella cheese

Resemble:
1. Pipihkan dan giling adonan diatas loyang sesuai dgn ketebalan yg diinginkan
2. Olesi dengan saus yg telah disiapkan, taburi dengan topping dan keju
3. Panggang di oven yang telah dipanaskan terlebih dahulu pada suhu 190 derajat C selama lebih kurang 20-30 menit atau hingga bagian bawah roti kecoklatan. Pizza siap disajikan.

# jika ingin roti pizza sedikit tebal, adonan yg telah dipipihkan diloyang ditutup kemudian di istirahatkan sebentar lebih kurang 30menit sebelum dipanggang.

Selamat mencoba...

No comments:

Post a Comment