Monday 12 May 2014

Dadar Gulung



Kue dadar gulung ini merupakan salah satu jajanan favorite saya. tapi saya termasuk yang males bikinnya karena ga sabaran masak kulitnya satu persatu diatas wajan...apalagi sekarang sejak punya baby...uugh...tambah males lagi bikin sesuatu yg menyita waktu..hehe..

Awalnya dari seorang teman yang menjajakan jajanan pasar yg satu ini...waktu itu saya dan beberapa orang teman saya berkesempatan untuk jualan di acara champion league yang diadakan oleh PPI Newcastle.
Nah, salah satu menu yg dijual oleh temen saya itu adalah dadar gulung ini...kepikiran juga untuk beli beberapa dari beliau, tp karena sibuk melayani pembeli, jadinya dadar gulung keburu habis terjual...ya sudahlah...tak apa...lagian badan yg letihpun membuat bayang2 dadar gulung sirna dari pikiran...halah...

Beberapa hari setelah itu diadakanlah acara pengajian bulanan warga muslim Indonesia yang ada di Newcastle dan sekitarnya. biasanya di acara ini ibu2 banyak yang menyumbang makanan atau snack2 khas Indonesia. naaah, temen saya ini bawa dadar gulung lagi...tapi apesnya, pas snack2nya dibagi2in saya ga kebagian karena waktu itu lagi menyusui si baby...untunglah pas pulang saya dibekali beberapa snack yang masih tersisa, termasuklah diantaranya 1buah dadar gulung...

Begitu nyampe rumah langsung disantap...nyam nyam...tapi setelah gigitan terakhir, kok ya nanggung gitu ya...?? huehehe...ya sudahlah...akhirnya demi menuntaskan rasa kangen akan jajanan ini terpaksalah berkutat didapur dan tak lupa nitip si baby ke ayahnya...hehehe....alhamdulillah...akhirnya dadar gulungnya jadi dan memang nikmaaaat sekali untuk temen ngeteh atau ngopi....

Untuk resep kulitnya saya modifikasi resep kulit risoles dari mba Ricke yang saya link di resep risoles di blog ini. Makasih ya mba..

Ini resep kue dadar nya:

Bahan kulit (Resep asli dari Just my ordinary Kitchen punyanya mba Ricke)
100gr terigu protein tinggi (saya pakai terigu serba guna)
1/4 sdt garam
1/4 sdt merica (skip, jangan pake ya... hihii.)
300 ml susu cair (saya pake air biasa)
1 butir telur
1/2 sdm margarin leleh atau 1 sdm oil
1/2 sdt pasta pandan (tambahan dari saya)
1 bungkus vanilla bubuk (tambahan dari saya)

Bahan isian:
1 bungkus frozen shreded coconut yang sudah di defrost
2 keping gula merah (sesuai selera)
2 sdm gula pasir
100 ml air ( bisa ditambah atau dikurangi)
1/4 sdt garam
1 bungkus vanilla bubuk
2 lembar daun pandan (kalau ada, saya tidak pakai karena tidak punya.. hiks)

Cara:
1. Masak air bersama gula merah hingga gula merah larut, lalu saring. Masukkan kembali kedalam sauce pan. Tambahkan bahan lainnya (tambah air bila perlu). Lalu masak hingga air habis sambil sesekali diaduk. Setelah matang, angkat. Sisihkan dan biarkan sampai dingin.
2. Campur semua bahan kulit. Saring bila perlu agar tidak ada gumpalan-gumpalan terigu yang tidak tercampur. Lalu ambil sekitar 1 sendok sayur, masak tipis-tipis seperti kulit crepes atau kulit untuk risoles. Setelah bagian atasnya set, angkat. Lakukan sampai semua adonan kulit habis.
3. Ambil satu kulit kue dadar, letakkan 1 sdm bahan isi ditengahnya, lalu lipat seperti melipat amplop. Lakukan sampai semua kulit habis.
4. Kue dadar siap disajikan.

Selamat mencoba ... ^^



No comments:

Post a Comment