Friday 30 May 2014

Orange Chiffon Cake



Ini adalah foto chiffon percobaan kedua saya. Sebelumnya saya belum pernah sekalipun bikin chiffon soalnya kata mama chiffon itu lumayan tricky..jadi ya sayanya jadi males nyoba waktu di Padang dulu. Nah, di ncl ini karena banyak waktu senggang juga akhirnya kepikiran juga untuk mengeksekusi chiffon ini. Percobaan pertama termasuk
katerogi gagal...walaupun ga gagal2 amat sih..hihihi...soalnya masih tetap enak dan lembut. cuma kuenya ga berdiri kokoh..kayak ada pinggangnya gitu...

Tak patah arang, atas support dari suami saya pun kembali baku hantam mencoba kembali mengeksekusi resep ini.. Saat itu saya menggunakan resep orange chiffon cake dari Joyofbaking.com. Setelah mengikuti dengan seksama proses dan tahap pembuatannya..akhirnya...taraaaaaa...berdiri dengan kokoh namun tetap lembut, orange chiffon cake buatan saya...hehehe...

Untuuuung cake nya cepet difoto, kalo ga...hhmmm...udah keduluan habis deh kayaknya..hihihi...


Resepnya bisa langsung dibuka di websitenya di :http://joyofbaking.com/OrangeChiffonCake.html#ixzz34Y9FUH9T. Agar lebih mudah, saya copas disini ya,...

Bahan;
6 buah kuning telur
7 buah putih telur
225 gr cake flour, saya pakai terigu serba guna
300 gr caster sugar, saya pakai gula granule
1 sdm baking powder
1/2 sdt garam
2 sdm parutan kulit jeruk sunkist
120 ml minyak sayur
180 ml perasan jeruk sunkist
vanila

Cara;
1. panaskan oven disuhu 180 derajat C. Siapkan loyang tulban, tanpa dioles minyak.
2. Kocok putih telur sampai berbusa, lalu tambahkan sedikit demi sedikit 50gr gula pasir sambil terus dikocok hingga kaku. sisihkan.
3. Kocok kuning telur dan sisa gula pasir sampai gula larut, lalu masukkan sisa bahan lainnya. Kocok hingga semua bahan tercampur rata dan adonan menjadi halus.
4. Ambil 1/3 adonan putih, masukkan kedalam adonan kuning. Aduk secara perlahan. Lalu masukkan 1/3 bagian lagi. Aduk kembali. Lakukan sampai semua adonan putih tercampur rata.
5. Masukkan adonan kedalam loyang. panggang selama kurleb 55-60 menit atau hingga chiffon matang.
6. Begitu matang, keluarkan dr oven lalu balikkan loyang dan biarkan kue dingin didalam loyang dalam keadaan terbalik, kurleb 1 jam.
7. Setelah dingin, keluarkan chiffon dr loyang. potong-potong, chiffon siap disajikan.


O iya... untuk flavoring nya bisa disesuaikan dengan selera, seperti pandan misalnya.. Tinggal skip perasan jeruk sunkist dan parutan kulitnya, lalu ganti dengan air matang dengan takaran yang sama plus 1/2 sdt pasta pandan.



Selamat mencoba... ^^

No comments:

Post a Comment