Monday 12 May 2014

Kue Putri Ayu

Putri ayu kukus

Kue putri ayu adalah salah satu jajanan kesukaan suami...namun semenjak tinggal di Newcastle, kami tak bisa lagi menikmatinya...selain waktu itu belum punya cetakannya, saya pun tak punya kukusan yang besar agar bisa muat loyang didalamnya..


Beberapa waktu yang lalu, seorang teman sekaligus pakar masak disini. Bu Tuti namanya. Beliau menghadiahi saya cetakan putri ayu sebelum beliau kembali ke tanah air...waaah...senang rasanya...segera saja saya mencoba membuat jajanan ini...
Untuk resepnya saya juga menggunakan resep dari beliau:

Bahan:
3 butir telur + 2 kuning telur
200 gr gula pasir
150 ml santan kental
400 gr terigu
1/4 sdt garam
1/2 sdt pasta pandan
Kelapa parut yang sudah dikukus dan diberi sedikit garam dan vanili bubuk
Cetakan putri ayu atau loyang yang telah dioles minyak.

Caranya:
1. Masukkan sedkit kelapa kedalam cetakan/loyang, kemudian tekan2 dan padatkan.
2. kocok telur dan gula pasir sampai putih dan kental, lalu masukkan pasta pandan, garam dan santan. kocok sebentar hingga semua tercampur rata.
3. Masukkan terigu yg telah diayak sedkit demi sedikit agar adonan tidak turun/deflate. lalu tuang adonan ke cetakan/loyang yg telah disiapkan. kukus selama lebih kurang 15-20 menit atau hingga matang.

Berhubung tak semua orang memiliki cetakan putri ayu, ataupun kukusan yang cukup besar, putri ayu ini juga ternyata bisa dipanggang di oven kok dengan menggunakan teknik au bien mariene a.k.a waterbath a.k.a loyang yg berisi adoanan ditaruh diatas loyang yg lebih besar dan memiliki sisi yang agak tinggi kemudian diisi dnegan air panas hingga stengah tinggi loyang. kemudian panggang dengan suhu sekitar 180-190 derajat C selama kurang lebih 20-30 menit tergantung ukuran loyang.

Kalo soal tekstur sih ga ada bedanya antara yg dikukus dgn yg dipanggang...cuma kalo segi rasa sepertinya yang dipanggang lebih legit dari pada yg dikukus...tp semuanya kembali ke selera masing2 sih...kamu pilih yg mana..? mana.? mana...? lah...kok jd nyanyi dangdut begindang...huehehe...


Putri ayu panggang

Sooo....ga ada kukusan ato cetakan putri ayu?? siapa takut...!!! hehehhe...iklan bgt dah ah...

No comments:

Post a Comment