Thursday 25 December 2014

Snickers Browny


Sudah lama sekali ingin membuat snickers browny ini setelah pertama kali melihat video nya di youtube. Snickers nya pun sudah dibeli. Namun apa daya, snickers yang tadinya untuk membuat browny pun lenyap disantap. Yup yup, siapa sih yang bisa menolak kelezatan coklat bars ini? karamel, nougat, kacang, wafer, dibalut coklat..hhmmm.... Snickersnya sendiri sudah enak, apalagi jika dicampur kedalam browny yang nyoklat sekali ya? hhmm...jangan berpikir untuk diet jika ingin membuat dessert yang satu ini.





Kebetulan beberapa hari yang lalu saya mendapat giliran untuk menyediakan snack untuk anak-anak mengaji. Akhirnya saya punya alasan yang kuat untuk menyimpan snickers dan sekuat tenaga berusaha menahan keinginan untuk menikmati potongan-potongan snickers yang terlihat begituuuuu menggoda. hehe... 

Anyway, ini resep yang saya copas dari websitenya laurainthekitchen.com

1/2 cup butter, disuhu ruang
1 cup gula pasir (saya pakai 3/4 cup)
2 butir telur
300 gr coklat masak yang telah dilelehkan. (saya pakai dark choc, tapi bisa juga pakai milk choc)
1 cup terigu
2 1/2 sdm cocoa powder
1/2 sdt garam
1/2 sdt kopi bubuk instant
1 cup snickers yang dipotong2 kecil

Cara:
1. Panaskan oven disuhu 180 derajat C. Siapkan loyang 18x9 cm, alas dengan baking paper.
2. Kocok butter dan gula pasir menggunakan balloon whisk hingga gula tercampur rata. Masukkan telur. Kocok hingga semua tercampur. Lalu masukkan coklat leleh. Aduk kembali.
3. Campur semua bahan kering kecuali snickers. Ayak, lalu masukkan kedalam adonan coklat. Aduk hingga rata. Terakhir masukkan snickers, aduk hingga tercampur.
4. Tuang dalam loyang, ratakan dengan menggunakan spatula. Adonan akan sangat sticky, so take your time, dan pastikan adonan dalam loyang rata.
5. Panggang didalam oven selama kurang lebih 30 menit atau hingga saat tusuk gigi dimasukkan ke tengah kue masih ada adonan yang agak basah menempel ditusuk gigi. Keluarkan segera dari oven. Biarkan dingin.
6. Keluarkan browny dari loyang setelah benar2 dingin. Potong-potong, sajikan. 

Saya pribadi suka dengan tekstur browny yang lembut. Jadi bila ingin browny tetap lembut, pastikan untuk tidak over baked browny. Browny akan set sendiri jika sudah dibiarkan bermalam. Jika over baked, browny akan kering dan tidak lembut, walaupun rasanya akan tetap enyak enyak enyak...



So, punya stock snickers nganggur di rumah? ga ada salahnya mencoba membuat browny yang satu ini. Dijamin semua suka, daaaan, jarum timbangan semakin bergeser ke kanan..

Selamat mencobaa... ^^

No comments:

Post a Comment