Thursday 25 December 2014

Cinnamon and Prune Rolls




Suhu disini sudah semakin dingin. Hhmm....saatnya merapat dengan mas oven. Yup, sudah alamiah sekali sepertinya kalau cuaca dingin perut gampang sekali terasa lapar. Beberapa minggu kemaren saya tiba-tiba kangen makan cinnamon roll. Biasanya cinnamon roll saya buat seperti roti sobek sehingga bagian pinggirannya tetap lembut dan empuk. Namun kali ini saya membuat cinnamon roll yg individual dan agak tipis dari biasanya. Rasanya tetap sama enaknya, hanya penampilannya saja yang berbeda.

Awalnya sih hanya ingin membuat old fashioned cinnamon roll yang isinya cuma brown sugar (saya pakai raw + granule sugar) yang dicampur dengan bubuk kayu manis. Tapi kebetulan di kulkas masih tersisa beberapa buah dried prune yang sudah lumayan lama bersemayam disana. Dari pada si prune berakhir ditempat sampah, lebih baik segera dimanfaatkan. 



Untuk resep rotinya sebenarnya bisa menggunakan resep roti mana saja. Saya sudah mencoba berbagai macam resep roti sehingga sampai dikesimpulan bila ingin roti lebih lembut, gunakan lebih banyak kuning telur dan ulenin adonan sampai benar-benar kalis. Kali ini resepnya kira2 sama dengan resep roti sobek yang telah saya posting beberapa waktu yang lalu, bisa dilihat disini

Bahan:
3 cups terigu serba guna
2 sdt yeast
1/2 sdt garam
1/4 cup gula pasir
2 sdm butter yang telah dilelehkan
3 butir kuning telur
100-150 ml air hangat atau susu cair hangat
1 sdm butter leleh untuk olesan

Bahan isian:
200 gr gula pasir (brown sugar)
1-2 sdt kayu manis bubuk
6 buah dried prune yang telah dipotong2
50 gr butter leleh

Bahan polesan:
50ml susu cair

Cara:
1. Aktifkan yeast dengan air hangat dan 1 sdm gula pasir. Tunggu sekitar 5 menit hingga permukaan larutan yeast berbuih.
2. Campur semua bahan lain kecuali terigu. Aduk rata. Masukkan terigu sedikit demi sedikit, dimulai dari 2 cups terlebih dahulu. Lalu aduk. Pindahkan ke meja agar memudahkan proses pengulenan. Taburi permukaan meja dengan terigu, lalu uleni adonan dengan gerakan seperti mencuci baju. Taburi degan sisa terigu sedikit demi sedikit hingga adonan kalis dan tidak lagi lengket ditangan.
3. Taruh adonan dalam wadah bersih yang telah dioles tipis dengan minyak. Lalu tutup rapat dengan plastic wrap. Simpan dalam ruangan hangat dan biarkan hingga mengembang 2x lipat sekitar 2,5 jam (kalo di Indonesia 30 menit mgk cukup)
4. Kempiskan adonan, lalu giling hingga membentuk persegi panjang sekitar 25x30cm atau sesuai ukuran yang diinginkan. Olesi seluruh permukaan adonan dengan butter leleh, lalu taburi dengan bahan isian. Gulung roti lalu rekatkan bagian akhir gulungannya dengan menggunakan sedikit air sambil di pinch.
5. Potong gulungan roti hingga menjadi 16 potong (atau bisa disesuaikan dengan selera), lalu susun diatas loyang yang telah dialas dengan baking paper. Diamkan kembali adonan roti untuk pengembangan kedua sekitar 30 menit atau hingga 1 jam.
6. Sementara itu, panaskan oven di suhu 180 derajat C. Lalu setelah roti mengembang, oles permukaan roti dengan susu cair atau butter leleh. Panggang sekitar 20-30 menit atau hingga matang.
7. Angkat, siap disajikan

Aslinya resep cinnamon roll ini diberi cream cheese glaze. Namun saya pribadi tidak terlalu suka karena rasanya bagi saya jadi terlalu manis. Namun bila suka, bisa ditaburi glaze sesuai selera.


Selamat mecoba.. ^^

No comments:

Post a Comment