Friday 1 June 2018

Typhoon Chiffon Swiss Roll




Roll cake yang sempat booming beberapa waktu yang lalu. Saya pun tidak ketinggalan untuk ikutan mencoba membuat roll cake ini. Base nya bisa menggunakan resep bolu gulung andalan masing2 sebenarnya. Tapi saya kadung jatuh cinta sama resep yang saya gunakan ini karena teksturnya lembuut sekali, dan tanpa emulsifier.


Untuk motifnya sebenarnya tidak serumit yang dibayangkan. Menggunakan tangkai sendok, sumpit , jari, semua insyaAllah bisa menghasilkan motif yang diinginkan... asaaaaaal, arah gulungannya benar. Yup, setelah mencoba hampir 10x baru saya sadar kalo selama ini typhoon roll saya sebenarnya ga gagal dan motifnya ada. Kesalahan ada pada arah gulungan cake nya. 

Biar ga melalukan kesalahan seperti saya, ada baiknya potong bagian pinggir cake untuk melihat arah gulungan yang menghasilkan motif yang diinginkan

Typhoon chiffon swiss roll
by: @victoria_bakes_ (saya copy ulang dari instagramnya mba @elsaelwin)

Bahan adonan putih:
4 kuning telur
50 ml minyak sayur
60 ml susu cair
70 gr terigu protein rendah (saya pakai segitiga biru)

4 putih telur
60 gr gula pasir (saya: 80gr)

Bahan adonan coklat
2 kuning telur + 1/2 butir telur
25 ml minyak sayur
40 ml susu cair
30 gr terigu
15 gr coklat bubuk

2 putih telur
35 gr gula pasir (saya: 50gr)

Cara membuat:
1. Adonan putih: campur kuning telur, minyak sayur, susu cair, terigu. Aduk rata. Di wadah terpisah kocok putih telur hingga berbusa, masukkan gula sedikit demi sedikit. kocok hingga kaku. Masukkan adonan kuning telur ke dalam adonan putih telur bertahap. aduk balik. tuang ke loyang (saya: ukuran loyang 30x30cm).

2. Adonan coklat: sama dengan step pada adonan putih. Tuang adonan coklat ke atas adonan putih

3. menggunakan sumpit/jari/tangkai sendok, tarik garis horizontal, dari atas ke bawah bergerak mulai dari sisi kiri loyang ke kanan loyang (tarik garisnya jangan buru2 ya)*. kemudian, tarik garis vertikal, dari kanan ke kiri, bergerak dari sisi atas ke bawah loyang.

4. Masukkan loyang kedalam oven. Panggang selama 25 menit di suhu 180derajat C (sesuai oven masing2)

5. Beri isian sesuai selera

*motif typhoon biasanya terlihat bila arah gulungan dari sisi horizontal.



Selamat mencoba ^^

No comments:

Post a Comment