Thursday 26 June 2014

Iced Coffee a la Stanton St.



Alhamdulillah, summer sudah benar-benar datang. Kamipun dapat menikmati sinar matahari yang menghangatkan disiang harinya, walaupun panasnya matahari disini masih jauh kalah panas dibandingakan dengan di Indonesia. Tentunya cara kami menikmati summer disini tidak seperti warga pribumi. Saat mereka sudah dengan suka cita bertelanjang dada bagi yang pria dan berpakaian super minim bagi yang wanita, kami masih harus mengenakan jaket tipis bila keluar rumah. Hal ini disebabkan karena walaupun cahaya mataharinya terang, namun angin yang berhembus lumayan dingin. Adakalanya jika saat itu tidak terlalu windy, kami bisa berpakaian layaknya saat di Indonesia dulu. Tanpa embel-embel jaket, dan yang paling penting kami bisa merasakan bekeringat saat jalan keluar.

Bagi saya pribadi, sejak menetap disini berkeringat adalah termasuk hal langka. Seberapapun usaha saya untuk menggerakkan tubuh, tetap tak ada keringat yang bercucuran dari tubuh. Kecuali saya olahraga lengkap dengan atribut jaket untuk winter disebuah ruangan tertutup yang didalamnya ada sebuah pemanas yang menyala dengan volume maksimum. Bila tanpa itu, si keringat biasanya maluu sekali untuk menampakkan wujudnya.

Walaupun begitu, kami tak ketinggalan untuk ikut serta "menyambut" summer. Bukan dengan berjemur diluar rumah ataupun picnic di taman, tapi cukup dengan menikmati segelas es kopi susu disiang hari. Ya, berawal dari saya yang maniak kopi, akhirnya suami pun ikut-ikutan menggemari minuman yang satu ini. Tak heran bila setiap kali beliau pulang dari kampus langsung minta dibuatkan es kopi. Rasanya yang tidak terlalu pahit plus manis dari susu kental manis ini bisa menjadi teman makan gorengan disiang hari yang terik.

Tidak ada resep khusus untuk minuman ini. Hanya saja bagi saya pribadi untuk menghasilkan es kopi yang terasa creamy adalah menggunakan es batu yang dihancurkan dalam jumlah banyak sementara larutan kopi dan susunya cukup sedikit saja. Berikut takaran es kopi susu a la saya:

1 sdt kopi granule (tanpa ampas)
1 sdt gula pasir
2 sdm susu kental manis
Es batu yang telah dihancurkan kasar
Sedikit air panas

Cara:
Campur kopi dan gula pasir dengan sedikiiiit sekali air panas, kira-kira hingga setinggi 1 ruas jari. Aduk rata hingga larut. Lalu masukkan susu kental manis. Aduk kembali. Isi gelas dengan es batu hingga penuh. Aduk rata. Sebagian es akan langsung meleleh karena larutan kopi masih panas. Tambahkan kembali es batu hingga setinggi permukaan gelas (saya menggunakan gelas tinggi seperti gambar diatas). lalu aduk-aduk. Biarkan sebentar hingga sebagian es meleleh. Kopi es susu siap disajikan.

Karena jumlah larutan kopi yang sedikit dan penggunaan es batu yang banyak, kopi ini terasa creamy sekali dan walaupun es nya sebagian mulai meleleh, rasa creamy nya tidak akan berkurang (kecuali kalau semua es sudah meleleh...hehe..). Es kopi ini enak dinikmati sebagai teman makan gorengan saat bersantai bersama keluarga tercinta.

Selamat mencoba... ^^  


No comments:

Post a Comment