Monday 23 June 2014

Chiffon "maunya motif zebra" Cake



Berawal dari keinginan untuk membuat rainbow cake. Tapi masih "trauma" karena dulu pernah gagal total saat membuat rainbow cake. Karena saya tidak menggunakan emulsifier, jenis cake chiffon menjadi pilihan saya setiap kali membuat cake. Namun sayangnya jenis cake ini sangat rentan untuk deflate atau gagal bila proses pengadukan terlalu lama, sedangkan saat memberi warna adonan butuh diaduk agar warna adonannya merata.

Untunglah saat sedang googling di dunia maya, saya secara tidak sengaja mampir disini. Dari blog ini saya tahu triknya agar chiffon dapat diberikan berbagai warna tanpa khawatir cake akan gagal. Berbekal trik dari sana, akhirnya saya berkeinginan untuk mencoba membuat rainbow chiffon cake. Namun karena saya tidak punya pewarna makanan, jadinya niat untuk membuat rainbow cake saya urungkan, diganti dengan zebra cake. Kebetulan saya juga sering sekali melihat tutorial di youtube bagaimana cara membuat motif pada zebra cake. 



Namun praktek memang tidak semudah teori. Hasil akhir pada cake saya tidak terlihat seperti zebra sedikitpun. Kemungkinan karena saya menyendokkan adonannya terlalu banyak, atau jumlah pasta pandan dan mocca nya yang tidak terlalu kentara. Ntahlah, yang pasti wajib dicoba lagi sampai sukses. Tapi walaupun motifnya abstrak sekali, yang penting rasanya enak. Apa karena didalamnya ada paduan aroma pandan dan mocca jadi cake ini mengingatkan saya akan bolu kukus mekar yang memang menjadi favorit saya dan suami.

Untuk resepnya saya menggunakan resep chiffon yang ada disini. Hanya saja karena didalam cake ini ada tambahan 2 warna, jadi stepnya ada yang diubah.

Bahan;
6 buah kuning telur
7 buah putih telur
225 gr cake flour, saya pakai terigu serba guna
300 gr caster sugar, saya pakai gula granule
1 sdm baking powder
1/2 sdt garam
120 ml minyak sayur
180 ml air matang
vanila
1 sdt pasta pandan
1 sdt pasta mocca

Cara;
1. panaskan oven disuhu 180 derajat C. Siapkan loyang 24x24cm, tanpa dioles minyak.
2. Kocok putih telur sampai berbusa, lalu tambahkan sedikit demi sedikit 50gr gula pasir sambil terus dikocok hingga kaku. sisihkan.
3. Kocok kuning telur dan sisa gula pasir sampai gula larut, lalu masukkan sisa bahan lainnya. Kocok hingga semua bahan tercampur rata dan adonan menjadi halus.
4. Bagi adonan menjadi 3 bagian yang sama. Beri satu bagian pasta pandan dan satu lainnya pasta mocca. Biarkan satu bagian lagi tanpa pewarna. Aduk rata masing-masing adonan.
5. Bagi 3 adonan putih, letakkan masing-masingnya didalam wadah bersih. Satu mangkok untuk adonan hijau, satu mangkok untuk adonan mocca, dan mangkok lainnya untuk adonan putih.
6. Untuk adonan hijau, ambil 1/3 adonan putih untuk adonan hijau, aduk rata hingga semua tercampur, lalu masukkan sisanya dan aduk balik hingga rata. Lakukan juga untuk adonan mocca dan adonan putih.
7. Ambil satu sendok sayur adonan hijau, lalu tuang ditengah-tengah loyang. Lalu ambil satu sendok sayur adonan mocca, tuang tengah-tengah adonan hijau. Begitu juga dengan adonan putih, ambil satu sendok sayur adonan putih tuang ketengah-tengah adonan mocca. Lakukan terus sampai adonan habis.
8. Panggang adonan hingga matang sekitar 40 menit.
9. Begitu matang, keluarkan dr oven lalu balikkan loyang dan biarkan kue dingin didalam loyang dalam keadaan terbalik, kurleb 1 jam.
10. Setelah dingin, keluarkan chiffon dr loyang. potong-potong, chiffon siap disajikan.



Walaupun motifnya tidak sesuai dengan harapan, namun alhamdulillah suami suka sekali dengan cake ini. Jadi rasa kecewa yang muncul saat pertama kali melihat motif didalam cake sedikit terhapus dengan sambutan hangat (hehe) dari suami tercinta. Mudah-mudahan lain kali motifnya beneran seperti zebra. 

Anyway... Selamat mencoba... ^^

No comments:

Post a Comment