Sunday 31 May 2015

KBB#46 Cheesy Almond Crispy



Akhirnya surtjin yang dinanti-nanti datang juga. Excited sekaligus bingung karena belum pernah dengar nama cookies itu sebelumnya. Akhirnya saya menutuskan untuk browsing dulu sebelum mencoba membuatnya. Hasil browsing membuat nyali sedikit menciut karena banyak ayng bilang cookiesnya lengket di baking paper. Ya sudah, dari pada kebanyakan mikir, saya beranikan diri untuk langsung membuatnya.


Berhubung suami dan anak tidak terlalu suka sesuatu yang berbau keju, jadinya kejunya saya skip. Alhamdulillah cookiesnya tidak lengket di baking paper. Hanya saja memang butuh kesabaran saat menipiskan adonan diatas loyang. Karena saya juga tidak punya cetakan khususnya, jadi saya membuat lingkaran2 seukuran tutup pringles diatas baking paper dengan menggunakan pensil dan kemudian diletakkan dibawah baking paper lainnya tempat adonan akan dituang dan ditipiskan. Menipiskannya pun dengan menggunakan punggung sendok sampai benar2 tipis. Hhmmm.. Pantas saja kalau harganya tergolong mahal Proses pembuatannya juga lumayan menyita waktu..

Berikut resepnya

Cheesy Almond Crispy
By Rachmah Setyawati

Bahan:
3 butir kuning telur
2 putih telur
180 gr gula pasir
25 gr mentega, lelehkan
20 gr susu bubuk (saya tidak pakai)
130 gr tepung terigu protein sedang/rendah
6 gr bubuk perenyah (saya tidak pakai)

Topping:
Keju cheddar yang diparut tipis
Almond slice, panggang sebentar

Cara:
1. Kocok telur dan gula pasir hingga kental dengan speed sedang
2. Masukkan mentega leleh. Aduk rata
3. Masukkan semua bahan kering ( susu bubuk dan tepung). Aduk rata
4. Siapkan cetakan, tuang 1 sdt adonan kedalam setiap lubang dan ratakan. Pastikan tipis dan merata
5.Taburkan keju parut dan almond slice pada permukaannya.
6. Panggang dalam oven yang telah dipanaskan sebelumnya pada suhu 125-130 derajat celcius sampai matang kecoklatan (kurang lebih 20 menit)

Buat yang mau mencoba menyajikan cookies yang berbeda saat lebaran nanti, ini bisa jadi alternative nya...
Soo... selamat mencoba... ^^




No comments:

Post a Comment