Monday 25 May 2015

Braided "Nutella" Star Bread


Akhirnya kesampaian juga mengeksekusi braided bread yang sering sekali wara wiri baik di facebook maupun di youtube.. Sudah beberapa waktu yang lalu memang, tapi baru dapat wangsit kemarin malam. Jadilah jam 11 malam saya sibuk olahraga lengan didapur untuk menguleni adonan roti ini. Untuk base rotinya saya menggunakan adonan thangzhong yang konon katanya membuat roti menjadi lembuuuut tanpa penambahan bahan additive lainnya. Resepnya sendiri saya ngintip resepnya mba Endang JTT, dengan sedikiiiiiiiit modifikasi dari saya. Untuk proses membentuk rotinya bisa dilihat disini.. Gampang ternyata, tidak serumit yang dibayangkan. 


Kenapa "nutella"?, Yup, karena saya tidak menggunakan nutella sebagai fillingnya melainkan menggunakan selai chocolate hazelnut merk lokal yang harganya lebih murah tapi rasa tetap aduhai. Kepikiran juga untuk mencampur fillingnya dengan selai strawberry di layer ke dua.. Tapi baru ingat ternyata selainya habis.. Jadinya seperti yang original saja.

Langsung ke resepnya saja ya..

Bahan roti
Original recipe: Hokkaido Milky Toast, Justtryandtaste
Modified by me

Adonan Thangzhong:
50 gr terigu protein tinggi (saya menggunakan strong bread flour)
250 ml air

Bahan lain:
540 gr terigu protein tinggi (saya menggunakan strong bread flour)
86 gr gula pasir (saya tambah menjadi 100gr)
1/2 sdt garam
1 sdm susu full cream (saya skip)
11 gr ragi instant (saya menggunakan 2 1/4 sdt active dry yeast)
1 butir telur ayam (saya menggunakan 2 butir kuning telur)
59 ml krim kental
55 ml susu cair
185 gr adonan thangzhong (saya pakai semuanya)
50 gr mentega cair (saya menggunakan sunflower oil)

Filling: 
Nutella, atau coklat spread lainnya

Olesan:
1 butir telur + 1 sdm krim kental

Cara:
1. Adonan thangzhong: Tuang terigu kedalam panci anti lengket, tuang setengah bagian air. Aduk rata hingga semua tercampur. Lalu masukkan sisa air. Aduk lagi. Masak dengan api kecil sambil terus diaduk hingga mengental. Matikan api, dinginkan.
2. Campur semua bahan, uleni hingga kalis. Bila adonan terlalu basah, taburi sedikit demi sedikit dengan terigu (maksimal hanya 50gr) hingga kalis dan elastis. Lalu simpan dalam wadah tertutup dan diamkan hingga mengembang 2x lipat (saya biarkan mengembang didalam lemari es semalaman)
3. Tanpa dikempiskan, bagi adonan menjadi 4 bagian. Siapkan loyang, alas dengan baking paper.
4. Ambil potongan pertama, pipihka menggunakan rolling pin. Pindahkan keatas loyang. Ambil satu buah piring makan. Letakkan piring dalam keadaan terbalik diatas adonan tadi. Tekan sedikit hingga tampak jejak lingkaran. Sisihkan piring. Beri filling didalam lingkaran yang telah ditandai tadi. Lalu pipihkan kembali potongan kedua. Dengan bantuan rolling pin, pindahkan adonan ke 2 keatas adonan pertama. Tandai kembali dengan piring. Beri filling. Lalukan hal yang sama untuk potongan ke 3.
5. Pipihkan potongan ke 4. Pindahkan kembali keatas adonan ke 3. Potongan yang ke 4 tidak perlu diberi filling. Letakkan kembali piring diatas adonan 4, lalu potong menggunakan pisau bagian pinggirannya.* Ambil satu buah gelas, letakkan terbalik ditengah2 adonan. Tekan pelan hingga tampak tanda lingkaran kecil bekas gelas. Angkat gelas, Seperti memotong kue atau pizza, potong roti tapi tidak putus dengan jejak gelas tadi sebagai batasan. Potong 4 terlebih dahulu (atau potong seperti jam dinding diangka 12, 6, 3 dan 9). Lalu potong 2 masing bagian hingga menjadi 8 bagian potongan. Potong 2 kembali masing2nya hingga menjadi 16 bagian.
6. Pegang 2 buah bagian (satu bagian ditangan kanan, satu lagi ditangan kiri), Putar 2 kali berlawanan arah. tangan kiri memutar kearah kiri 2x, tangan kanan memutar kearah kanan 2x. Lalu rekatnya bagian ujung bawahnya. Lakukan berpasangan sehingga didapatkan 8 pasang.


7. Setelah selesai, tutup longgar dengan plastic wrap atau kain. Diamkan selama kurang lebih 1 jam hingga mengembang. 
8. Panaskan oven disuhu 180 derajat C. Oles bagian roti tanpa coklat dengan bahan olesan. Lalu panggang hingga matang. Begitu keluar dari oven, oles dengan butter agar mengkilat.



*Bagian pinggiran yang bersisa jangan dibuang. Kumpulkan secara acak saja, lalu diamkan kembali hingga mengembang, kemudian panggang.

Percayalah, proses pembuatannya tidak serumit penjelasan diatas. Agar lebih gampang, bisa buka link diatas ya...

Selamat mencoba... ^^

No comments:

Post a Comment