Sunday 6 July 2014

Lapek Bugih aka Kue Bugis a la Stanton



Kue ini adalah salah satu jajanan kesukaan saya dan suami. Walaupun begitu, saya hanya menikmati kue ini saat ada acara tertentu saja seperti acara nikahan. Bukan karena kue ini jarang ada yang jual, tapi karena saya sudah keburu jatuh hati pada salah satu penjual kue bugis ini. Saya tidak tau apakah si penjual juga menjual kue bugis secara eceran atau tidak, yang pasti bila ingin membeli, biasanya ibu mertua atau mama langsung datang kerumah si penjual untuk memesan dalam jumlah banyak.


Kue bugis yang biasa saya nikmati sih biasanya berwarna hitam, adonannya terbuat dari tepung ketan hitam lalu didalamnya diisi kelapa yang sudah dimasak dengan gula dan diberi sedikit cincangan kacang tanah. Berhubung saya lagi tidak punya tepung ketan hitam, jadinya saya menggunakan tepung ketan putih saja plus sedikit pasta pandan.

Adoanan kue bugis versi saya sama dengan cara membuat klepon. Hanya saja airnya saya ganti dengan santan. Dan kalau klepon dimasak dengan cara direbus, kue bugis ini dimasak dengan cara dikukus setelah terlebih dahulu dibungkus didalam daun pisang. Karena disini daun pisang mahal harganya, maka untuk membungkusnya saya menggunakan foil baking paper. Hasilnya? alhamdulillah, lumayan enak untuk mengobati rasa kangen akan kue yang satu ini.




Berhubung saat itu membuat kue ini lumayan dadakan, jadinya resepnya tidak pakai takaran ya..hehe..

Bahan:
Tepung ketan putih
Santan kental secukupnya
2 sdm air kapur sirih
Sedikit garam
1/2 sdt pasta pandan

Bahan Isian:
Kelapa parut
Gula pasir sesuai selera
Air secukupnya
1 bungkus vanili bubuk

Bahan saus santan
Santan kental
Sedikit garam
1-2 sdm tepung beras yang sudah dilarutkan

Daun pisang atau foil baking paper untuk membungkus
Kukusan

Cara:
1. Buat bahan isian terlebih dahulu. Masak kelapa parut bersama sedikit air dan gula pasir hingga mendidih dan air habis. (jumlah air sedikit saja, tidak perlu sampai semua kelapa parut terendam air). Sisihkan dan dinginkan.
2. Buat saus santannya. Campurkan semua bahan saus, masak hingga mendidih dan saus mengental. Sisihkan dan dinginkan.
3. Buat adonan kue bugis. Campur tepung ketan dan sedikit garam, lalu masukkan santan yang telah dicampur pasta pandan sedikit demi sedikit hingga menjadi adonan yang bisa dipulung (seperti adonan klepon).
4. Ambil adonan kue, bulatkan lalu pipihkan. Isi dengan bahan isian. Lalu tutup (tak perlu sampai bulat sempurna, cukup hingga semua bahan isi tertutup rapat), bungkus didalam daun pisang atau foil baking paper. Sebelum bungkusnya ditutup rapat, masukkan 1 sdm saus santan. Lalu bungkus rapat kue bugis, masukkan kedalam kukusan. Kukus selama kurang lebih 20 menit atau hingga kue matang.

nb: Saat disajikan, bisa ditambahkan ekstra saus santan bila suka.

Selamat mencoba... ^^


No comments:

Post a Comment