Monday 21 July 2014

Nastar - Edisi Menyambut Lebaran


Saya dan suami sebenarnya bukan penggemar kue kering yang satu ini. Makanya dari dulu saya tidak pernah berniat untuk membuatnya sendiri. Selain tidak terlalu menjadi favorit keluarga, saya juga sedikit malas untuk membuat selai nenasnya..hehe.. 
Ntah kenapa, beberapa hari yang lalu saya kepikiran untuk mencoba membuat si nastar ini karena kebetulan di warung sayur depan rumah lagi jual nenas dengan harga lumayan murah. Jadilah akhirnya saya mengukuhkan niat untuk membuatnya, dan lagi-lagi, berbekal resep nastar ibu Fatmah Bahalwan yang saya lihat si situs ncc-Indonesia.


Untuk membuat selai nenasnya saya hanya menggunakan 2 buah nenas ukuran sedang (atau kecil?) yang saya haluskan di food processor. Berhubung saat itu saya lagi berpuasa, jadi saya tidak bisa merasakan tingkat kemanisan selai yang saya buat. Tapi ya tak mengapa, namanya juga uji coba. Walaupun hasil akhirnya selai nanasnya tidak terlalu manis dan cenderung sedikit asam. hehe..Untungnya adonan kukernya enak, jadi rasa asam bisa sedikit tertutupi, minimal sampai digigitan terakhir..hihihi...karena biasanya begitu nastar sudah habis dimulut, rasa asam langsung menyerang. Jadi pelajaran deh untuk saya kalau ingin bikin selai nanas sebaiknya saat tidak sedang berpuasa, minimal bisa merasakan tingkat kemanisan si nanas sebelum ditambah gula.




Anyway, resep dari ncc tidak ada yang saya modifikasi. Karena baru pertama jadi saya pasang kacamata kuda dan tidak mau coba-coba menambahkan ini itu kedalam adonan. Lagian mau nambah apa juga bingung.. hehe, paling ya saya tambahin cengkeh untuk hiasan... hihihi..tidak terlalu signifikan memang... Resep aslinya bisa dilihat disini. Hanya saja karena saya baru pertama kali mencoba, jadinya saya hanya bikin setengah resep. Jadinya resep disini sudah saya konversikan jadi setengah dari resep asli.


Nastar ( Fatmah Bahalwan)

Bahan Kulit:
125 gr margarin
125 gr butter
50 gr gula halus
2 butir kuning telur
350 gr tepung terigu
2 sdm susu bubuk fullcream (saya skip)

Bahan hiasan: (tambahan dari saya)
Cengkeh

Bahan Olesan:
2 butir kuning telur, kocok lepas dengan 1 sdt susu cair

Cara membuat
1. Kocok sebentar mentega, butter, gula, dan telur sampai tercampur saja
2. Masukkan tepung terigu dan susu bubuk, aduk perlahan hingga tercampur rata
3. Ambil sedikit adonan, bentuk bulat, isi dengan selai nanas. Beri satu buah cengkeh diatasnya. Susun diloyang tipis, beri jarak masing-masingnya.
4. Panggang dengan suhu 140 derajat C selama kurleb 30 menit. Keluarkan dari oven, poles dengan bahan olesan. lanjutkan memangang hingga mengkilat.
5. Angkat, biarkan dingin diatas loyang. susun dalam toples.

Selai nanas:
Bahan:
2 buah nanas ukuran sedang, blender halus
100 gr gula pasir (bisa ditambah sesuai selera)
1/2 sdt garam
1 potong kayu manis

Cara:
Masak nanas beserta airnya hingga bersama dengan garam dan kayu manis hingga kering. Tuang gula pasir, masak terus dengan api kecil hingga kering dan liat. Angkat, dinginkan.


Selamat mencoba... ^^

No comments:

Post a Comment