Tuesday 25 October 2016

Pisang Bolen Dengan Korsvet


Bismillah..

Beberapa minggu (atau bulan..hehe) yang lalu saya posting mengenai pisang bolen tanpa korsvet yang saya ambil dari blog KBB. Bisa di cek sendiri ya. Hasil bolennya lembut, cocok bagi pecinta bolen yang suka tipe bolen lembut.

Kali ini saya pun penasaran ingin mencoba bolen dengan menggunakan korsvet. Korsvet sendiri merupakan jenis pastry fat yang biasa digunakan untuk membuat berbagai jenis pastry. Harganya pun relatif murah
.

Resep bolen kali ini saya menggunakan resep dari Unilever Food Solution dan tips and tricks dari teh Nenis bkr yang saya liat di blog nya dapurbulalawira.

Ini resepnya ya..

Bahan:
1kg terigu protein sedang
100gr gula pasir
20gr garam halus
150gr blue band master (cake margarine) (saya pakai blueband biasa)
350ml air dingin
2 butir telur (100gr)

Bahan laminating:
250gr blueband master pastry fat
150gr blueband master margarine
Campur hingga lembut dengan sendok/garpu

Isi:
60potong pisang raja ukuran 5cm yg telah dibelah dan diberi filling (100gr blueband dan 50gr gula pasir) - saya ga pake filling, keju cheddar dan coklat meses (tambahan dari saya)

Olesan:
3 butir kuning telur omega 3 (saya pakai kuning telur biasa, terkadang dicampur sedikit pewarna kuning telur bila warna kuning telurnya terlalu pucat)

Cara (versi saya :) )
1. Aduk semua bahan hingga tercampur rata dan tidak lengket lagi ditangan. Istirahatkan sekitar 10 menit.
2. Sementara itu, siapkan bahan untuk laminating. bagi 3.
3. Roll adonan memanjang (kurang lebih 50-60cm). oles dengan 1/3 bahan laminating. #tips dari teh nenis, pastikan semua permukaan tertutup rata agar hasil kulitnya bagus tidak pecah2. Kemudian lipat 3 adonan. istirahatkan lagi kurang lebih 10-30menit (kadang saya masukin kulkas dan ditinggal masak atau antar anak sekolah). Kemudian lakukan hal yang sama 2x lagi. kemudian istirahatkan kembali adonan. (sampai ditahap ini saya biasanya simpan adonan di freezer kalo untuk stock dan simpan di kulkas kalo akan digunakan keesokan harinya)
4. Roll memanjang adonan, lalu bagi menjadi kurang lebih 60pcs persegi panjang. Bila kepanjangan, bisa potong 2 adonan tterlebih dahulu sebelum di roll.
5. ambil pisang yang telah telah disiapkan, gulung bersama adonan, tekuk 2 bagian sisi kebawah. letakkan diatas loyang yang telah dioles margarine, kertas roti dan oles lagi dengan margarin. #tips dari teh nenis, bila ingin hasil bolen yang cantik dan terlihat mumbul keatas, tata bolen dengan rapat didalam loyang
6. Panggang bolen disuhu 180dercel selama kurleb 30menit. Usahakan bolen tetap lembut didalam karena menurut teh nenis lagi nih, bolen itu seharusnya lembut bukan renyah. (saya masih belum ahli nih manggangnya.. hari pertama apalagi msh anget2 bolennya masih berasa sedikit renyah.. walaupun beberapa jam kemudian sudah berasa lembutnya.)



Untuk proses lengkap dan jelasnya bisa langsung berkunjung ke blog diatas ya..

Selamat mencoba.. ^^

No comments:

Post a Comment