Saturday 2 August 2014

Putri Salju - Edisi Menyambut Lebaran



Taqabalallahu minna wa minkum, shiyaamana wa shiyaamakum...
Judulnya memang ga cocok ya secara lebaran sudah berlalu seminggu yang lalu. Tapi demi menyeragamkan dengan teman-teman kue kering yang lain, "edisi lebaran" boleh di excuse lah ya..

Putri salju ini adalah kue kering kesukaan suami dan si buyung. Sekali bikin bisa langsung habis dalam sehari kalau tidak diingatkan. Seperti lebaran kali ini, satu toples putri salju yang rencanya disiapkan untuk lebaran, ternyata jumlahnya semakin berkurang dari hari ke hari. Akhirnya terpaksa deh saya bikin satu resep lagi. Itupun pakai wanti-wanti khusus toples yang dimeja ruang tamu tidak boleh disentuh..hehe..


Untuk resepnya saya menggunakan resep yang ada di buku wasiat, alias buku kumpulan resep yang sudah bertahun-tahun menemani saya. Jadinya saya juga tidak tau sumbernya dari mana, yang jelas resep itu sudah turun temurun dari mama. Salah satu bahan yang digunakan dalam resep asli sebenarnya adalah kacang mete (atau mede?) yang disangrai lalu dihaluskan. Namun karena kacang mete lumayan mahal saya lebih sering hanya menggunakan kacang tanah tanpa kulit yang telah disangrai dan dihaluskan. Di Newcastle ini ada shortcut yang lebih bikin gampang lagi. Saya lebih suka menggunakan almond powder ready used yang banyak dijual di ASDA. 

Anyway, ini resep putri salju yang biasa saya gunakan.

Bahan:
150 gr margarin + butter
75 gr tepung gula
1 butir kuning telur
75 gr kacang tanah bubuk yg telah disangrai terlebih dahulu
175 gr tepung terigu
15 gr susu bubuk (saya skip)
Tepung gula untuk taburan

Cara:
1. Panaskan oven pada suhu 150 derajat C. Lalu siapkan loyang cookies yang telah dioles tipis margarin
2. Kocok margarin + butter dan gula tepung sekitar 1 menit. Masukkan kuning telur. Kocok hingga rata. Tambahkan kacang bubuk. Aduk rata.
3. Masukkan terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk rata.
4. Cetak adonan sesuai selera. Lalu panggang selama kurang lebih 15-20 menit. Selagi panas, lumuri dengan tepung gula. Lakukan hingga 2-3 kali agar tepung gula benar-benar menempel.
5. Dinginkan. masukkan kedalam wadah kedap udara.





Walapun lebaran sudah usai, tak ada salahnya membuat kue ini dihari-hari biasa. Tapi jangan keseringan..hihihi...apalagi habis lebaran begini...Bisa-bisa baju lebarannya ga muat lagi...hehe..

Selamat mencoba... ^^

No comments:

Post a Comment