Friday 8 August 2014

Bolu Gulung Coklat


Sudah lama rasanya tidak membuat si bolu gulung ini. Awalnya ingin membuat bolgul sebagai pelengkap snack lebaran kemarin. Namun karena melihat di meja sudah berjejer beraneka macam kue kering, jadinya malas juga mau bikin yang manis-manis lagi. Ya sudahlah, akhirnya niat untuk bikin bolgul saya tunda hingga waktu yang tidak bisa ditentukan. Hehehe...


Beberapa hari yang lalu tiba-tiba kepikiran lagi sama si bolgul setelah melihat video di youtube. Kebetulan, telor di lemari es sudah segera harus dihabiskan, jadinya hari itu saya putuskan untuk mengeksekusi si bolgul ini. Resepnya saya copy dari youtube channel Cooking with dog, yang bisa dilihat disini. Resep aslinya menggunakan bubuk matcha (matcha powder) alias bubuk teh hijau dan sweetened red beans sebagai fillingnya. Namun karena saya tidak punya matcha powder, dan sepertinya pun saya tidak suka, jadinya matcha powder saya ganti dengan cocoa powder. Untuk isiannya, karena dirumah saya tidak punya stok double cream, jadinya saya ganti dengan coklat fla. 




Alhamdulillah, walaupun proses membuatnya dadakan, tapi hasilnya sangat memuaskan. Lumayan untuk menuntaskan rasa kangen membuat bolgul sekaligus menikmatinya ditemani secangkir kopi panas (panas lo, bukan hangat..hihihi...)

Bahan Bolgul:
4 butir putih telur
40 gr gula pasir

4 butir kuning telur
40 gr gula pasir
40 gr cake flour (saya pakai plain flour)
1 sdm cocoa powder

Bahan Fla:
200 ml susu cair
2 butir kuning telur
50 gr gula pasir
1 1/2 sdm maizena
50 gr dark chocolate

Cara:
1. Panaskan oven 170 derajat C. Siapkan loyang ukuran 26x36cm. Alasi dengan baking paper.
2. Ayak terigu dan cocoa powder sebanyak 3x. Sisihkan
3. Kocok putih telur hingga berbusa, lalu masukkan sedikit demi sedikit gula pasir. Kocok hingga kaku. Sisihkan
4. Kocok kuning telur dan gula pasir hingga pucat dan mengental. Lalu masukkan terigu yang telah diayak bersama cocoa powder tadi. Aduk rata. 
5. Masukkan 1/3 bagian adonan putih kedalam adonan kuning. Aduk rata. Lalu masukkan 2/3 bagian sisanya, aduk balik hingga semua tercampur rata.
6. Tuang adonan kedalam loyang. Banting loyang 2x untuk menghilangkan gelembung udara yang tersimpan. Lalu panggang selama kurang lebih 15-20 menit, atau hingga matang.
7. Setelah matang, segera keluarkan dari oven, lalu balikkan keatas wadah yang telah dialas baking paper. 
8. Oles fla keatas bolu. Pastikan bolu berada diatas baking paper.
9. Dengan bantuan baking paper tersebut, gulung bolu sambil dipadatkan. Lalu dinginkan bolu dalam keadaan terbungkus baking paper.
10. Setelah bolu dingin, lepaskan bungkusan baking paper, hias sesuai selera. Bolgul siap disajikan.

nb: 
- karena saya menggunakan fla sebagai filling, jadinya proses menggulung bolu bisa dilakukan saat bolu masih panas. Namun jika menggunakan whipped cream, oleskan filling setelah bolu benar-benar dingin. Caranya, selagi bolu masih panas, letakkan bolu diatas baking paper bersih yang telah ditaburi gula bubuk. Lalu gulung bolu bersama baking paper tersebut (baking paper ikut tergulung bersama bolu), dan biarkan hingga bolu dingin. Setelah dingin buka gulungan bolu, olesi dengan whipped cream, lalu gulung kembali mengikuti pola gulungan sebelumnya, namun kali ini tanpa baking paper. Biarkan bolgul set didalam kulkas kurang lebih 1 jam sebelum dipotong. 

Cara membuat fla:
1. Panaskan susu cair tapi tidak sampai mendidih.
2. Selagi menunggu susu panas, kocok kuning telur, maizena dan gula pasir hingga pucat. Sisihkan.
3. Tuang sedikit demi sedikit susu panas kedalam adonan telur sambil terus dikocok cepat. Lalu tuang kembali adonan kedalam panci. Masak kembali dengan api sedang sambil terus dikocok hingga mengental. Matikan api.
4. Selagi fla masih panas masukkan coklat yang telah dicincang halus. Aduk rata hingga semua coklat meleleh dan tercampur rata.
5. Tuang adonan keatas wadah bersih. tutup permukannya dengan plastic wrap menyentuh permukaan fla. 
6. Dinginkan, atau bisa segera digunakan.


Untuk rasanya bolgul ini pastinya bisa dikreasikan sesuai selera. Bisa vanilla, pandan, mocca...unlimited pokoknya... So... Selamat mencoba... ^^

No comments:

Post a Comment