Tuesday 14 October 2014

Coklat Cake Kukus (lagi...hehehe..)



Sudah lama sekali tidak berkunjung ke blog ini karena beberapa waktu yang lalu secara tidak sengaja semua foto yang ada di blog ini terhapus. Untunglah masih ada back up data sehingga postingan resep disini masih dilengkapi dengan foto. Tapi bagi saya yang sangat moody ini, pekerjaan meng-upload semua foto itu bukanlah pekerjaan yang gampang. Namun untunglah, beberapa hari yang lalu akhirnya si mood datang juga. Plus ditambah suasana yang mendukung (baca: suami lagi ga sibuk jadi bisa titip si baby aisyah selagi saya blogging...hehe), sehingga pekerjaan memperbaiki blog ini terlaksanakan juga.


Anyway, ini adalah cake kukus yang sama dengan cake yang sebelumnya saya buat. Bisa dilihat resepnya disini ya..Yup. Sejak pertama kali mencoba resep ini, saya menjadi ketagihan untuk membuatnya. Selain rasanya yang lembut dan enak, cara pembuatannya juga termasuk mudah.

Hanya saja kali ini untuk frostingnya bukan coklat ganache. Sebenarnya niat awalnya memang mau ganache. tapi dirumah cuma ada milk coklat. Saya pribadi kurang suka kalau ganache dari milk coklat karena hasilnya terlalu manis dan bikin eneg. Biasanya memang setiap kali bikin ganache saya selalu menggunakan dark coklat. Jadinya milk coklat yang telah dicampur bersama double cream saya kocok hingga mengembang.

Biar tidak terlalu eneg, saya tambahkan potongan strawberry ditengah dan diatas cake. Soal hias menghias kue, hhh....masih butuh latihan dan belajar yang rajin sepertinya karena tangan masih terasa kaku saat harus menghias kue. Jadilah hasil hiasan kue ini sedikit abstrak dan terlihat amatir sekali...hehe...Tak mengapa, asal rasanya memuaskan.

Btw, ini resep coklat whipped cream yang saya gunakan

1 botol double cream
200 gr milk coklat, potong-potong

Cara:
1. Panaskan double cream dengan api kecil tapi jangan sampai mendidih. Cukup hingga bagian pinggirannya sudah mulai muncul gelembung-gelembung kecil.
2. Tuang double cream keatas potongan coklat. Pastikan semua coklat terendam cream. Diamkan sekitar 1 menit. Lalu aduk perlahan hingga semua coklat meleleh dan tercampur rata dengan cream.
3. Dinginkan cream coklat. Setelah dingin merata, kocok hingga mengembang. Cream coklat siap digunakan.








O iya.. Cake ini tetap lembut walaupun sudah mendekam di lemari es semalaman. So, selamat mencoba.. ^^

No comments:

Post a Comment