Thursday 30 October 2014

Mie Ayam Bakso Rumahan a la Stanton



Setelah sekian lama ingin makan mie ayam, baru beberapa waktu yang lalu akhirnya terealisasi. Kebetulan saat itu saya punya sisa chicken breast fillet 1 potong, plus di freezer masih ada stok kaldu ayam dan beberapa pentolan bakso. Walaupun mie ayam yang saya bikin ini resepnya simple sekali, tapi rasanya lumayan lah untuk memuaskan keinginan makan mie ayam.


Beberapa bahan saya sesuaikan dengan bahan yang ada dirumah. Seperti daun pangsit (apa ya namanya? bakchoi?). Disini ada yang jual memang, tapi lumayan mahal. Jadinya sayurnya saya ganti dengan bayam ukuran jumbo yang harganya jauuuh lebih ekonomis. Terus, dibeberapa resep yang saya googling, mie ayamnya menggunakan minyak sayur yang terbuat dari kulit ayam yang dimasak dengan api kecil hingga minyaknya keluar. Berhubung saya agak geli mengolah kulit ayam, jadinya minyak sayur saya ganti dengan minyak wijen. Walaupun tidak mirip dengan mie ayam abang-abang, tapi suami tetap suka dengan mie ayam buatan saya. Hhhmm... mie ayam abang2 mah lewat kalo istri yang bikin..hehe...

Btw, ini resep mie ayamnya

Bahan untuk ayam:
1 buah dada ayam yang telah direbus, lalu dipotong dadu
3 siung bawang putih, dicincang halus
3 sdm saos tiram
2 sdm kecap manis
Garam
Gula pasir
Merica hitam (kalau tidak punya bisa menggunakan merica putih)

Bahan kuah:
1L air kaldu bekas rebusan ayam
2 siung bawang putih
2 iris jahe
Garam
Merica putih
Gula pasir

Bahan pelengkap:
Mie telor (kalau saya sering menggunakan mie shanghai)
Sayur pangsit (kalau saya ganti bayam)
Bakso
Kerupuk pangsit ( saya skip karena tidak punya)
Bawang goreng
Minyak wijen
Saos sambal

Cara:
1. Bahan untuk ayam: Tumis bawang putih hingga wangi, lalu masukkan saos tiram dan kecap manis. Lalu masukkan potongan ayam. Bumbui dengan sedikit garam, gula, dan merica. Aduk rata. Sisihkan.
2. Bahan kuah: Panaskan air rebusan kaldu. Di wajan terpisah, tumis bawang putih dan jahe hingga wangi. Lalu masukkan kedalam air rebusan kaldu. Bumbui dengan garam, gula pasir dan merica.
3. Cara penyajian: Taruh mie yang telah direbus didalam mangkok, beri 1-2 sdm minyak wijen, aduk rata. Lalu diatasnya tata dengan sayur, bakso, kerupuk pangsit, dan bawang goreng. Sediakan kuah didalam wadah terpisah, atau bisa langsung dituang kedalam mangkok bila ingin langsung disantap. Bila ingin pedas, bisa menambahkan saos sambel. Mie ayam siap disajikan.



Mudahkan? hehe... bila ada waktu luang, tak ada salahnya untuk menyajikan mie ayam ini sebagai menu keluarga. Dijamin lebih sehat. 

Selamat mencoba... ^^

No comments:

Post a Comment