Friday 17 October 2014

Sop Daging a la Mama



Dulu saat masih kecil, jenis makanan berbahan dasar daging adalah merupakan makanan istimewa bagi saya sekeluarga. Harga daging yang lumayan mahal membuat mama jarang sekali memasak lauk dari daging. Mungkin karena itu juga yang membuat saya pada akhirnya tidak terlalu suka makan daging. Yup, saya lebih memilih makan dengan ikan asin goreng balado dari pada makan daging-dagingan. Hehe. Sangat berbeda dengan kakak laki2 saya yang pertama yang doyan sekali makan daging. Ada banyak variasi daging yang biasa dibuat mama, salah satunya adalah sop.
Biasanya sebagai pendamping sop selalu tersedia "samba lado". Ntah kenapa. Tapi seperti sebuah kewajiban tak akan lengkap makan sop bila tidak ditemani samba lado.



Semenjak saya di Newcastle, saya lumayan sering memasak sop. Cuaca yang dingin membuat sop terasa begitu nikmat disantap ditemani nasi hangat. Tapi kali ini tanpa samba lado, melainkan ditemani dengan sambal pedas botolan. Kalau dulu mama biasa mencampurkan kentang kedalam sop bersama dengan wortel, saya lebih suka mencampurkan brokoli, cauliflower ataupun kol kedalamnya selain wortel tentunya. Tapi sepertinya sih jenis sayurannya bisa diganti sesuai selera, tak ada pakem tertentu dalam masak toh. hehe...

Anyway, ini resep sop daging a la mama yang nikmat sekali.

Bahan:
1 kg daging sapi tetelan (kalau disini saya biasa menggunakan bagian shank atau ribs)
Brokoli yang telah dipotong2
Cauliflower yang telah dipotong2
Wortel yang telah dipotong2
Garam
Merica putih

Bumbu tumis:
4-5 siung bawang putih yang telah diiris-iris
5 buah cengkeh
Kayu manis sebesar kelingking
2 buah star anise
4 buah kapulaga
1/2 buah pala (kalau mau ditumbuk, 1/4 cukup)
Daun bawang yang sudah diiris2

Bahan taburan:
Bawang goreng

Cara:
1. Cuci bersih daging, rendam dengan air dingin kurang lebih 30menit. Buang airnya, lalu cuci kembali.
2. Masak daging dengan sedikit air (cukup hingga semua daging tertutup air) hingga hampir mendidih, angkat, lalu buang airnya. Cuci bersih kembali daging dan panci. Lalu masak kembali daging dengan air yang lebih banyak dari yang sebelumnya (atau sesuai dengan banyak kuah sop yang diinginkan). Masak daging dengan api kecil agar semua kaldu alami dari daging keluar. Tambahkan garam dan merica sesuai selera.
3. Setelah daging empuk, masukkan sayur2an. Masak hingga semua sayuran matang.
4. Sementara sayuran matang, di wajan terpisah, tumis semua bumbu tumis kecuali daun bawang hingga harum dan bawang putih berwarna kecoklatan. Matikan api, masukkan daun bawang. Aduk sebentar dengan sisa panas dari tumisan.
5. Campurkan tumisan kedalam sop yang telah matang. Matikan api, agar daun bawang tetap terlihat segar. Terakhir taburi dengan bawang goreng. Jangan lupa taste rasa. Sop daging siap disajikan.





Sop daging a la mama ini tidak amis, karena air rebusan pertama daging sudah dibuang. Saat proses perebusan pertama tadi sebaiknya menggunakan api besar saja agar kaldu sapi tidak ikutan terbuang. Gampang kan caranya. Hhhmm... cuaca di Nwecastle sudah semakin dingin, saatnya sop masuk kedalam list menu nih sepertinya.

Well.. selamat mencoba... ^^


No comments:

Post a Comment