Tuesday 28 July 2015

Tiramisu - Hidangan Pasca Lebaran



Masih dalam suasana lebaran. Sudah menjadi kebiasaan bagi warga Indonesia yang menetap di Newcastle ini untuk melaksanakan halal bil halal setiap idul fitri atau idul adha. Selain untuk menikmati suasana kekeluargaan juga sekalian menikmati menu2 khas lebaran tanah air. Lebaran kali ini saya tidak ikutan potluck menu utama, tapi saya kebagian membawa snack, salah satunya tiramisu. Walaupun bukan dessert khas tanah air, tapi sepertinya kurang lengkap rasanya lebaran tanpa cake atau sejenisnya.

Sejujurnya saya tidak puas dengan tiramisu yang saya bawa saat itu. Selain karena kehabisan cream, lady finger nya juga ntah kenapa walaupun sudah dibiarkan semalaman tapi tidak lembut dan menyerap seperti tiramisu yang sudah2 saya buat sebelumnya. Sempat kepikiran untuk batal membawa tiramisu tersebut, tapi setelah dipikir2 kalau dibiarkan dirumah pasti ujung2nya akan terbuang. Bukan karena tidak enak, hanya saja seperti biasa suami selalu memulai puasa syawal di hari ke2 setelah lebaran, belum lagi saya membuatnya diwadah yang lumayan besar. Sudah dipastikan tiramisu tersebut akan bertahan sangat lamaaaa di lemari es. Alhasil, saya memutuskan untuk tetap membawa tiramisu tersebut dengan harapan si tiramisu tadi tetap laris manis.

Alhamdulillah, walaupun agak2 tidak puas dengan hasilnya tiramisu yang saya bawa tetap habis ludes tidak bersisa. Fiuuh... lega rasanya. 

Nah, beberapa hari kemudian setelah puasa syawal suami hampir selesai, giliran beliau yang minta untuk dibuatkan tiramisu karena saat saya membuat untuk halal bi halal saya memang tidak menyisakan sedikit untuk beliau. Huehe...



Untuk resepnya saya tidak menggunakan resep siapa2.. hehe.. Tinggal cemplang cemplung, aduk2.. Jadi deh... Tapi biasanya saya selalu menggunakan mascarpone cheese untuk campuran cream nya, namun kali ini saya menggantinya dengan cream cheese biasa karena kebetulan cream cheese di swalayan langganan lagi discount. Hihihi. 

Anyway, ini bahan2 yang saya gunakan untuk membuat tiramisu dalam loyang bulat diameter 18cm:

2 pack lady fingers (kalo di ncl ini namanya sponge fingers)
1 pack cream cheese (full fat Philadelphia cream cheese, bisa ditambah jumlahnya bila suka rasa cheese yang dominan)
2 pack double cream (whipping cream) ukuran 285ml
1 cangkir kopi yang telah didinginkan (sesuai selera, atau seperti kopi yg biasa dikonsumsi sehari2)
Gula bubuk, sesuai dengan manis yang diinginkan
Coklat bubuk
Coklat serut untuk hiasan

Cara:
1. Kocok double cream dan gula bubuk hingga mengembang. Lalu campur dengan cream cheese. Cicipi rasanya, bisa ditambah gula bubuk bila kurang manis.
2. Assamble: Celupkan masing2 lady finger kedalam cairan kopi, lalu tata didalam loyang hingga menutupi seluruh permukaan loyang. Potong2 lady finger bila perlu.
3. Ambil 1/3 adonan cream. Ratakan, lalu taburi dengan coklat bubuk.
4. Lakukan step 2 dan 3 hingga semua lady finger habis.
5. Terakhir, taburi bagian teratas dengan coklat bubuk. Lalu simpan didalam lemari es semalaman sebelum disajikan. Taburi dengan coklat serut sebagai garnish

Karena saya kurang suka dengan rasa cream cheese yang dominan, jadi penggunaan cream cheese sejumlah resep diatas cukup bagi saya dan keluarga. Creamy dengan sedikit rasa2 cream cheese di background lidah. Paaas dimakan saat cuaca yang cukup terik beberapa minggu kemaren.



Yuk, bikin tiramisu yuk... Selamat mencoba.. ^^

No comments:

Post a Comment