Wednesday 10 June 2015

Banana Chiffon Cake With Nutella Swirl


Judulnya memang terdengar gimanaa gitu... Tapi ini tidak lebih dari chiffon pisang marmer. Yup... Melihat pisang yang kulitnya sudah mulai kecoklatan tangan ini terasa gatal untuk segera membuat cake berbahan dasar pisang. Sudah terbayang manis legit pisangnya. Jadilah akhirnya biar tangannya tidak gatal lagi saya memutuskan untuk membuat cake kali ini pilihan jatuh pada chiffon cake. 


Ceritanya selagi saya memixer putih telur, tiba2 mata saya tertuju pada botol nutella yang isinya tingga sedikit sisa membuat pesanan braided nutella star bread sekitar 2 minggu yang lalu. Segala jenis spread memang akan nongkrong lama dirumah karena saya dan keluarga tidak mengkonsumsi roti sehari2nya. Jadi dari pada sisa nutella itu terbengkalai begitu saya akhirnya saya putuskan untuk menggunakannya kedalam adonan chiffon kali ini, walaupun sampai putih telur mengembangpun saya masih belum kepikiran akan diapakan si nutella tersebut didalam cake.

Karena jumlah nutella yang tersisa hanya sedikit, sekitar 2 sdm, akhirnya pilihan yang paling aman adalah nutellanya saya jadikan untuk bagian swirl nya saja. Alhamdulillah chiffonnya berhasil dan rasanya pun enak. Bukan karena nutella nya juga sih karena rasa nutella nya sendiri bersaing dengan rasa pisang yang dominan. Tapi aroma khas nutella masih tetap tercium samar2. Dan yang penting suami suka (ya iya lah... secara suami doyan sekali dengan cake yang berbahan dasar pisang.. huehe..)

Resep dasarnya saya menggunakan resep basic chiffon cake yang pernah saya posting sebelumnya, hanya ada sedikit modifikasi. Untuk lebih jelasnya saya tulis ulang disini ya.

Bahan:

6 butir putih telur + 50gr gula pasir, kocok hingga kaku, sisihkan
6 butir kuning telur
150 gr gula pasir
200 gr terigu serba guna
100 ml minyak sayur
2 buah pisang yang telah dihancurkan
1/4 sdt garam
1/4 sdt kayu manis bubuk
2 sdm nutella

Cara:
1. Panaskan oven di suhu 180C. Siapkan loyang, oles mentega bagian dasarnya, alas kertas roti, oles mentaga lagi, taburi dengan terigu tipis2. Sisihkan.
2. Kocok kuning telur dan gula pasir hingga gula larut dan berwarna pucat. Masukkan minyak sayur dan pisang. Kocok sebentar hingga tercampur rata. Masukkan terigu, garam dan kayu manis bubuk yang telah diayak. Aduk rata.
3. Di wadah lain, campur nutella dan sekitar 200 gr adonan kuning. Aduk rata hingga nutella tercampur rata. Ambil sekitar 1 cup ( 2 sendok sayur) adonan putih telur. Aduk balik. Sisihkan.
4. Campur adonan kuning dan adonan putih telur dengan teknik aduk balik. Tuang 1/2 adonan tersebut kedalam loyang. Lalu tuaang adonan nutella diatasnya, kemudian tutup dengan sisa adonan kuning. 
5. Dengan menggunakan tusuk gigi, buat motif swirl (tidak perlu terlalu lama). Banting adonan 2x untuk melepaskan gelembung udara, lalu panggang selamat kurang lebih 40menit hingga matang. Lalukan tes tusuk.
6. Begitu adonan matang, banting lagi loyang dari ketinggian sekitar 30cm sebanyak 2-3x untuk meminimalisir cake turun terlalu banyak. Tunggu sampai benar2 dingin, keluarkan dari loyang. Potong sesuai selera.

Note: Loyang yang digunakan tidak harus menggunakan tube pan. Bisa menggunakan loyang apapun yang ada dirumah. Juga banyak versi mengenai mengoles loyang dengan mentega atau dibiarkan ungreased. Tapi menggunakan cara yang manapun insyaAllah tidak akan mempengaruhi proses cake mengembang saat dipanggang, namun memang mempengaruhi seberapa banyak turun cake setelah keluar dari oven. Makanya untuk meminimalisir hal tersebut, proses membanting loyang segera begitu keluar dari oven adalah tahap yang penting untuk menjaga volume chiffon tidak turun. Alhamdulillah dengan cara ini chiffon saya tidak turun setelah dingin walaupun loyangnya dioles mentega. 

Sooo... Selamat mencoba... ^^

No comments:

Post a Comment