Sunday 29 June 2014

Coconut Chocolate Truffle



Truffle ini saya buat dalam rangka memanfaatkan sisa coklat ganache untuk membuat kue coklat beberapa hari yang lalu. Waktu itu sisa ganache saya simpan didalam lemari es karena belum kepikiran mau dibikin apa. Lalu tiba-tiba saya teringat chocolate truffle yang pernah saya lihat di youtube channel laura vitale. Awalnya bingung juga truffle nya mau dicampur pakai apa. Yang biasa sih truffle dibalur dengan cocoa powder. Tapi saya kok sedikit ga nyaman membayangkan makan cocoa powder tanpa diolah terlebih dahulu. Untunglah saat itu saya punya sedikit sisa kelapa kering. Jadilah akhirnya truffle yang sudah dibulatkan saya baluri dengan kelapa kering. Hasilnya..enak pastinya. Manis dari coklat dan gurih dari kelapa kering.


Selain kelapa kering, truffle bisa divarisikan dengan berbagai macam kacang-kacangan juga loh, atau sprinkles mungkin? Sepetinya bisa jadi salah satu menu untuk hidangan dihari eid nanti nih..



Untuk resepnya, truffle yang ada digambar ini saya menggunakan resep chocolate ganache yang ada di resep ini.

Bahan:
200 ml double cream / whipped cream cair
300 gr dark cooking coklat (bisa menggunakan milk coklat atau di mix)
1 sdm mentega

Bahan pelapis
Kelapa parut kering (bisa menggunakan kacang-kacangan yang dicincang, cocoa powder, dll)

Cara:
1. Panaskan double cream dan mentega hingga mentega meleleh (jangan sampai mendidih)
2. Sementara itu potong-potong coklat dan letakkan didalam wadah
3. Tuang cream panas keatas coklat. Pastikan semua coklat terendam dalam cream. Biarkan selama lebih kurang 2 menit. Lalu aduk perlahan hingga semua coklat meleleh dan tercampur rata.
4. Setelah uap panasnya hilang, masukkan kedalam lemari es hingga coklat set. Lalu bulatkan sesuai selera, gulingkan kedalam bahan pelapis. Truffle siap disajikan.
(simpan didalam lemari es agar truffle tetap set)


Selamat mencoba... ^^

No comments:

Post a Comment