Thursday 12 June 2014

Roti Isi Goreng - Serba leftover



Belakangan ini seisi rumah sedang dilanda roti tawar blues...Pasalnya setiap kali membeli roti tawar selalu saja tersisa banyak sedangkan masa berlakunya sudah hampir habis. Dulu roti tawar yang tersisa saya sulap jadi bagelen, roti yg dioles margarin dan ditaburi gula pasir lalu dipanggang hingga kering. Namun
lama kelamaan ya bosan juga, sehingga pada akhirnya sempat beberapa kali terpaksa membuang roti yang bersisa.

Sejak itu saya jadi jarang sekali beli roti lagi. Kecuali bila ada request dari si buyung untuk bawa bekal sandhwhich ke sekolah. Suami saya yang paling anti dengan yang namanya buang-buang makanan, sering kali terpaksa menghabiskan roti sesegera mungkin. Kasian juga sih liatnya karena harus makan roti sepanjang hari demi agar tak ada yang mubazir.

Hingga pada suatu hari kepikiran lah untuk bikin roti isi goreng. Lumayan juga untuk memanfaatkan roti tawar yang tersisa untuk dijadikan snack yang nikmat. Untuk isiannya sebenarnya bisa apa saja. Bisa tuna jagung, sayuran, atau seperti isian untuk risoles.

Kali ini saya bikin isiannya dari cabbage, wortel dan ayam suir, karena kebetulan di lemari es cuma ada itu...Ayam suirnya juga sisa dari ayam balado beberapa hari sebelumnya yang kalah pamor karena ada asam padeh ikan. Akhirnya si ayam yang bersisa saya cuci bersih lalu saya simpan diwadah tertutup. Jadi, jgn buru2 kewarung dulu kalau mau bikin camilan. Coba mix and match aja apa yang ada, lumayan kan untuk trial n error..

Nah, sebagai teman makan roti isi ini saya recommended sekali untuk menyantapnya dengan sambel kecap. Rasa gurih roti bercampur dengan rasa manis asam pedas dari sambel kecap...hhmmm...bikin lidah tak berhenti bergoyang...

Yuk ah, ini resep roti isi yang saya bikin beberapa hari yang lalu... 

Bahan:
Roti tawar, buang bagian pinggirnya lalu gilas hingga tipis (agar tak mudah patah)
2 butir telur ayam, kocok lepas dengan sedikit air atau susu cair
Tepung roti atau panko bread crumb
#taburi campuran telur dan bread crumb dengan sedikit garam dan merica
Minyak untuk menggoreng

Bahan isian
Cabbage yang diiris tipis
3 buah wortel yang dipotong korek api
4 buah daun bawang yang diiris-iris
3 potong ayam goreng suir
1/4 potong bawang bombay yang dirajang halus
2 siung bawang putih yang dihaluskan
Garam, merica dan sedikit kecap manis 

Cara:
1. Tumis semua bahan isian hingga matang. sisihkan.
2. Ambil satu buah roti yang telah digiling tipis, lalu letakkan satu sendok makan bahan isi. Lipat 2 roti, lalu tekan sekeliling pinggiran roti dengan garpu untuk merekatnya setiap sisinya. Lalukan sampai roti habis.
3. Sementara itu panaskan minyak di api sedang.
4. Siapkan campuran telur dan bread crumb diwadah terpisah. Celupkan satu buah roti isi ke campuran telur hingga semua bagian terendam. Lalu segera baluri dengan bread crumb. Lalukan sampai semua roti habis.
5. Goreng hingga kecoklatan. Sajikan dengan sambel kecap.


Untuk sambel kecap, bahan-bahannya adalah;
Kecap manis sesuai selera
1/4 bagian bawang bombay yang dipotong dadu
1 siung bawang putih yang dicincang halus
2 buah cabe hijau yang diiris-iris
1 buah cabe merah yang diiris-iris
1 buah tomat yang dipotong dadu, keluarkan bijinya (opt)
Air perasan jeruk nipis

Cara: Campur semua bahan jadi satu. Masukkan kecap manis hingga semua bahan terendam. Aduk rata lalu diamkan sekitar 30 menit sebelum disajikan. Bila ingin lebih encer bisa ditambah dengan sedikit air matang.



Selamat mencoba....^^



No comments:

Post a Comment