Monday 16 June 2014

Cream Puffs alias Kue Sus



Adonannya disebut dengan choux pastry. Ntahlah artinya apa, yang pasti ini adalah salah satu jenis dessert kesukaan saya dan si buyung. 
Dulu saat saya masih baru belajar membuat kue, saat membaca resep dibuku resep mama itu dalam pikiran saya kue sus ini susah sekali untuk dibuat sehingga boro-boro untuk mempraktekkannya, melanjutkan membacanya saja saya sudah tidak berminat..hehe. Hingga akhirnya saat saya sudah merantau di Newcastle ini salah seorang teman menyuguhkan kue sus di acara
pengajian bulanan yang juga menjadi tempat silaturahmi warga muslim Indonesia se-Newcastle.

Sejak itu, rasa penasaran saya muncul juga akhirnya. Apalagi saya sudah mulai terbiasa praktek bikin bermacam-macam resep hasil googling. Jadi tidak ada salahnya kan menambah koleksi pengalaman membuat kue sus ini?

Dari sharing teman tersebut saya baru tau kalo saat memanggang kue ini oven tidak boleh dibuka hingga kue benar-benar mengembang dan matang, karena kalau tidak katanya kue sus akan mengempis dan tidak akan bisa mengembang lagi.

Berbekal resep yang ada disini, akhirnya saya coba bikin kue sus. Hasilnya....Alhamdulillah, hasilnya tidak mengecewakan. Kue sus nya berdiri dengan kokoh dan tidak mengempis walaupun sudah semalaman. Sejak saat itu, kue sus menjadi salah satu kue andalan favorit saya. Anti gagal soalnya... hihihi... Dan yang penting lagi, ternyata tidak susah kok bila ingin membuat kue sus. Hanya dibutuhkan kesabaran saat memanggang untuk tidak iseng membuka pintu oven sebelum kue benar-benar matang.

Biar lebih gampang, saya copas resepnya disini ya

Cream Puffs ( Laurainthekitchen.com)

Bahan:
1 cup air
1/2 cup mentega / margarin
1 cup terigu
1/4 sdt garam
4 butir telur

Cara:
1. Panaskan oven pada suhu 200 derajat C. Siapkan loyang datar, alas dengan baking paper. Sisihkan.
2. Panaskan mentega dan air didalam sauce pan hingga semua mentega larut. Lalu masukkan sekaligus semua terigu dan garam. Aduk cepat hingga menjadi sebuah adonan yang kalis dan tidak lengket lagi disisi sauce pan. Matikan api, lalu pindahkan adonan kedalam wadah bersih. Diamkan sebentar hingga adonan tidak terlalu panas lagi.
3. Masukkan telur satu persatu kedalam adonan. Tunggu masing-masing telur tercampur rata kedalam adonan sebelum memasukkan telur berikutnya.
4. Masukkan adonan kedalam piping bag, lalu semprotkan adonan diatas loyang. Atau juga bisa dengan menggunakan 2 buah sendok makan. Beri jarak pada masing-masingnya.
5. Masukkan adonan kedalam oven. Panggang selama lebih kurang 20-30 menit, atau hingga mengembang. 
6. Bila setelah dikeluarkan tekstur kulit masih terasa sedikit lunak, masukkan kembali kedalam oven, turunkan suhu menjadi 180 derajat C. Masak hingga kulit kokoh.

nb: Oven bisa dibuka setelah adonan mengembang sempurna dan sudah set. Biasanya kue akan set setelah dipanggang sekitar 20 menit. Bila oven dibuka saat kue masih dalam proses mengembang dan belum set, besar kemungkinan kue sus akan deflate dan tidak akan bisa mengembang lagi.


Varian lain dari resep ini adalah eclair. Menurut saya, eclair tak lain adalah kue sus yang bentunya memanjang dan bagian luarnya diberi lelehan coklat. Dari referensi yang saya baca, aslinya topping eclair dicocokkan dengan fillingnya. Bila filling nya coklat, maka toppingnya juga coklat. Dan bila fillingnya adalah vanilla, maka topingnya pun vanilla. Tapi kebanyakan resep eclair yang saya lihat menggunakan vanilla custard untuk fillingnya dan coklat leleh sebagai toppingnya. 

Dari satu resep yang saya buat kemaren, sebagiannya saya bentuk menjadi eclair tapi minus coklat leleh. Karena kebetulan si buyung masih sedikit batuk, jadi saya pun enggan menambahkan coklat leleh diatasnya. Jadinya ya...eclair wanna be? hehe...





Ngomong-ngomong soal filling, saya biasanya menggunakan vanilla custard dicampur whipped cream. Berikut resep filling yang biasa saya buat.

Bahan:
300 ml susu cair
3 butir kuning telur
50 gr gula pasir
2 sdm terigu serba guna
2 sdm tepung maizena/corn starch
sejumput garam
1 bungkus vanilla bubuk
100ml double cream, kocok dengan 1sdm gula bubuk hingga kaku

Cara:
1. Panaskan susu dengan api kecil didalam sauce pan hingga hangat. Jangan sampai mendidih.
2. Sementara itu, kocok dengan baloon whisk kuning telur dan gula hingga larut. Masukkan terigu, maizena, garam dan vanilla. Aduk rata.
3. Setelah susu hangat, masukkan susu sedikit demi sedikit kedalam adonan telur sambil terus diaduk cepat agar tidak ada bagian telur yang matang. Lalu tuang kembali adonan susu yang telah tercampur dengan adonan telur kedalam saucepan. Masak kembali dengan api sedang sambil terus diaduk sampai adonan mengental.
4. Pindahkan adonan kedalam wadah bersih. Lalu tutup permukaan adonan menggunakan plastic wrap. Plastic wrap menyentuh permukaan custard. Biarkan hingga dingin.
5. Setelah dingin, bila custard terlalu menggumpal, kocok sebentar hingga custard tidak terlalu menggumpal lagi. Lalu masukkan 1/3 bagian cream yg telah dikocok kaku kedalam custard. Aduk balik hingga semua tercampur rata. Lalu masukkan sisa cream, aduk kembali.

Assemble:
1. Gunting sedikit bagian kue sus hingga ada rongga. 
2. Masukkan filling ke dalam piping bag. Lalu semprotkan filling kedalam kue sus melalui rongga tersebut.
3. Bila tidak mempunyai piping bag, ada cara yang lebih gampang. Belah 2 kue sus tapi jangan sampai terputus, lalu sendokkan adonan filling kedalamnya.

Kue sus siap dinikmati...Selamat mencoba...^^

1 comment:

  1. Hi Mba

    Salam kenal. Mohon info apa yg dimaksud dengan Double Cream ? Apa sama dengan Whipping Cream ? Terima kasih

    ReplyDelete