Thursday 5 June 2014

Lemper Isi Tuna Pedas a la Stanton



Biasanya lemper ya isi ayam suir...cuma berhubung dirumah saya lagi ga punya stok daging ayam, dan ga akan berencana belanja pun sampai minggu depan, maka muncullah ide untuk bikin lemper tapi isinya tuna kalengan yg memang selalu stand bye didalam lemari...Kepikiran bikin lemper sih untuk memanfaatkan sisa
beras ketan yg ada... Dari pada disimpen lama2, lebih baik dimanfaatkan...
Lemper ini juga terbilang istimewa karena bungkusnya ga pake daun pisang.... Maklumlah, harga daun pisang di negeri wales ini mahalnya minta ampun...satu paket isi sekitar 3-4 lembar itu harganya kisaran £4-£5...uuuhh...mahal bangeeeeet....ga deh...hihihihihi...

Makanya untuk ngebungkus lempernya saya pake foil baking paper...yup...kebetulan waktu lagi shopping sendirian ke city center saya nemu foil baking paper ini di Wilko...Foil baking paper ini timbal balik. Sisi satunya terbuat dari foil, sedangkan sisi satunya lagi terbuat dari baking paper... Lucu ya...hehehe... Saya baru tau juga soalnya ada yg beginian...
Pake foil baking paper ini lebih enak menurut saya saat ngebungkusnya...lebih steady gitu ga terlalu licin kayak baking paper kebanyakan.



Ngomong2 soal ngebungkus... saya bikin lemper ini sebenernya ngasal... ga pake googling, ga pake liat kiri kanan...Mana sebelumnya belum pernah bikin lagi... Jadi bener2 ga punya bayangan gimana cara ngegulung lemper yg bener... Tapi, tak mungkinlah mengurungkan niat hanya karena ga tau cara ngegulung lemper... yang penting isiannya ada ditengah...udah...ujung2nya toh masuk perut juga....huehhehehehe...

Soal resep apalagi.... semuanya pake perasaan.... Hasilnya ya lumayan lah...dari pada lu manyun...hihihi...gurih dari ketannya plus pedas dari tunanya... hhhmmmm....
Resepnya saya tulis bahannya aja ya...soal takaran bisa dikira2 aja...

Bahan untuk ketan:
Beras ketan (sekitar 1/4kg, rendam dgn air kurleb 1 jam, tiriskan)
Santan kental (sekitar 300ml, atau hingga jumlah santan setinggi setengah ruas jari diatas permukaan ketan)
Sedikit garam
Daun Pandan (optional...saya ga pake, karena ga punya)

Bahan Tuna Pedas:
2 kaleng ikan tuna kalengan (saya pake asda canned tuna, chunk)
Sedikit bawang merah dan bawang putih
1/2 batang cabe merah besar dan 4 buah cabe hijau (sesuai selera)
Garam, merica, gula pasir dan cabe bubuk secukupnya

Daun Pisang / baking paper / foil baking paper untuk membungkus

Cara:
1. Membuat ketan: Panaskan panci kukusan. Masak semua bahan ketan diatas sauce pan hingga semua santan terserap oleh ketan (cuma sebentar kok, sekitar 5-7menit), angkat lalu masukkan ketan kedalam kukusan, masak hingga matang.
2. Membuat tuna pedas: tumis semua bahan hingga wangi. sisihkan.
3. Cara assamble: Ambil satu sendok makan penuh ketan, letakkan diatas pembungkus. Taroh isian ditengahnya. Lalu gulung hingga isian terbungkus semua oleh ketan. Kalo pake daun pisang, ujung2nya bisa ditusuk dgn tusuk gigi. Tapi kalo pake foil baking paper, cukup dengan ditekuk saja. Lakukan hingga semuanya habis.
4. Panggang lemper yg telah dibungkus tadi (saya menggunakan boiler).
5. Lemper siap disajikan.


Jadi, walaupun ga sempurna kayak lemper yg dijual2 dipasaran, lemper-lemperan saya ini lumayan lah untuk mengobati rasa kangan sekaligus menuntaskan rasa penasaran akan cara pembuatan lemper... Mudah2an lain waktu bisa bikin lemper yg pake daun pisang...

Selamat mencoba....^^

No comments:

Post a Comment