Sunday 8 June 2014

Donat Kentang - Edisi memanfaatkan kentang rebus yang tersisa




Malam hari sekitar pukul 8 malam, si buyung dan si upiak tengah bermain bersama sementara saya iseng berselancar di dunia maya mencari-cari resep makanan yang belum pernah saya coba sebelumnya hingga saya melihat gambar donat disebuah youtube channel. Kepikiran juga untuk bikin donat, apalagi sudah lumayan lama rasanya ga bikin donat. Kebetulan dimeja ada 2 buah kentang kukus
sisa bikin gado2 hari sebelumnya. Kebetulan lagi, sudah lama saya ingin mencoba bikin donat kentang ini. Cuma karena males harus rebus kentang segala akhirnya keinginan untuk bikin donat kentang itu terpaksa dipendam.

Saat itulah akhirnya saya putuskan sekaranglah waktu yang tepat untuk mengeksekusi si donat kentang. Tanpa gooling resep, langsung saja saya meluncur kedapur dan mulai mempersiapkan bahannya. Saya pikir adonan donat ya pasti ga beda jauh dari adonan roti lainnya. Hanya saja karena kali ini ditambah dengan kentang yang dihaluskan, mungkin jumlah air yang digunakan lebih sedikit dari biasanya karena kentang sendiri kan udah punya kandungan air. Tapi itu menurut saya waktu itu loh, saya belum googling lagi sih yang benernya kayak gimana.

Setelah cemplang cemplung dan ulen ulen, adonan yang sudah kalis saya masukkan ke kulkas biar bisa digoreng keesokan harinya. Lumayan kan pagi-pagi disuguhi donat hangat dan empuk tanpa repot dan kisruh...hehehe... 

Keesokan paginya, adonan sudah mengembang sempurna. Sedikit sticky, ntah karena kebanyakan air saya juga ga tau. Tapi saya pikir sih paling enggak itu jaminan donat saya bakalan empuk dan lembut. Benar juga ternyata. Setelah digoreng hasilnya empuuuk banget dan lembuuuut banget. Ga sia-sia deh perjuangan malam-malam meng-uleni adonan... Hasilnya, pagi hari (menjelang siang sih) keluarga sudah bisa menikmati donat hangat nan empuk.



Dari adonan yang saya bikin saya dapat 20 buah donat. Nah loh, buat apa donat sebanyak itu? ga masalah. Donat yang selesai digoreng bisa dimasukkan ke freezer bag dan disimpan di freezer, jadinya kapanpun ingin makan donat tinggal ambil seberapa yang diinginkan, lalu biarkan disuhu ruang. Atau bisa juga dengan memanggangnya sebentar di oven dengan suhu rendah, hanya agar donat kembali hangat secara merata.

Anyway, berikut saya coba bikin resep donat kentang ala saya

Bahan:
200 gr kentang yang telah dikukus dan dihaluskan (sampai benar-benar halus)
1 bungkus active dried yeast
100ml air hangat
3 sdm gula pasir
1 sdt garam
2 butir kuning telur
2 sdm margarin
500 gr terigu serba guna (bisa juga menggunakan bread flour atau campuran keduanya)
Terigu untuk cadangan
Minyak untuk menggoreng

Cara:
1. Campur air hangat, 1 sdm gula pasir dan active dried yeast. Biarkan hingga yeast bekerja, atau hingga permukaan air dipenuhi dengan buih/busa (sekitar 5-10 menit)
2. Setelah yeast bekerja, masukkan yeast dalam wadah, lalu masukkan garam, gula pasir, kentang dan kuning telur. Aduk rata hingga semua tercampur. Lalu masukkan terigu sedikit demi sedikit hingga adonan menyatu. Masukkan margarin dan uleni sebentar hingga margarin tercampur rata.Transfer adonan keatas meja atau work surface yg telah ditaburi terigu, lalu uleni lagi adonan dengan gerakan seperti mencuci baju. Bila adonan masih lengket jangan ragu-ragu untuk menambahkan terigu lagi. Terus uleni hingga adonan kalis dan elastis. Untuk mengeceknya dengan mengambil sedkit adonan lalu pipihkan dan tarik perlahan. Adonan yg kalis tidak gampang sobek saat ditarik.
3. Bulatkan adonan dan masukkan dalam wadah yg telah dioles minyak, lalu tutup dengan platic wrap atau kain lembab. Biarkan hingga adonan mengembang 2x lipat.
4. Setelah mengembang, tekan adonan dan uleni sebentar untuk mengeluarkan udara didalamnya. Lalu bagi adonan sesuai ukuran yg diinginkan. Bulatkan, lalu tutup kembali dengan wrap dan istirahatkan sebentar sekitar 10-15 menit.
5. Setelah itu bentuk seperti donut dan istirahatkan kembali sekitar 10 menit.
6. Sementara itu panaskan minyak diwajan dengan api kecil. Lalu goreng donut hingga kecoklatan. Cukup sekali balik saja.
7. Donat siap disajikan. Bisa dengan diberi topping coklat, keju atau yg simple dengan ditaburi tepung gula.

Proses proofing yang ke 3 sebelum digoreng


Selamat mencoba.... ^^

No comments:

Post a Comment