Thursday 26 June 2014

Bakwan aka Bala-Bala



Siapa yang tak kenal dengan bakwan? sampai hari ini saya belum pernah bertemu orang yang tidak suka dengan jajanan yang satu ini. Apalagi saya. Saya ingat waktu masih dibangku kuliah saya dijuluki si ratu bakwan karena kecintaan saya akan jajanan ini. 

Dulu waktu masih kecil mama membuat bakwan menggunakan cetakan yang berbentu centong sayur sehingga hasilnya seperti setengah lingkaran. Namun akhir-akhir ini bentu2 bakwan sudah berevolusi menjadi free style, dan menurut saya penampakan bakwan free style ini lebih menggoda. Hehe... Apapun bentuknya, bakwan tetap numero uno. Ntah itu dinikmati bersama rawit ataupun sambal botolan. 


Di Padang, untuk menikmati bakwan atau gorengan biasanya disediakan sambal bikinan sendiri yang terbuat dari cabe yang dihaluskan, bawang putih, seidkit gula dan cuka. Tapi saya punya sambal cocolan andalan yang membuat suami dan orang-orang yang pernah mencobanya menjadi ketagihan. Sambalnya terdiri dari cabe yang sudah dihaluskan, sedikit bawang putih, sedikit cuka, gula merah dan gula pasir yang dicampur bersama sedikit air, lalu dimasak dengan api sedang hingga mengental. Proses itulah nanti yang membuat sambal a la saya memiliki cita rasa pedas, asam, manis, dan gurih.





Untuk bakwannya sendiri setiap orang pasti punya resep andalan masing-masing. Saya memilih untuk tidak ribet soal bakwan. Hanya butuh 10 menit proses potong-potong dan aduk-aduk, lalu adonan bisa langsung digoreng. Berikut resep bakwan a la saya:

Bahan:
2 buah wortel yang diiris korek api
1/2 bagian lobak yang diiris tipis 
4 batang daun bawang
6 - 8 sdm terigu serba guna
2-3 sdm tepung beras
1 butir telur
Air secukupnya

Bumbu:
1 1/2 sdt garam
1/2 sdt merica putih bubuk
2 sdt bawang putih bubuk
1 sdt gula pasir 
1 sdt cabe bubuk (opt)

Cara:
Campur semua bahan dan bumbu menjadi satu. Tambahkan air bila adonan terlalu kering, atau tambahkan terigu bila adonan terlalu encer. Sesuaikan rasa bumbu. Tambah garam atau merica bila perlu. Lalu siap untuk digoreng.

Saya hampir tidak pernah menggunakan bumbu penyedap dalam memasak. Namun bila mau, bisa ditambahkan kok. Bakwan ini enak disantap ditemani segelas es kopi susu. Bagi yang berminat ingin tau bagaimana cara bikin es kopi susu yang nikmat a la saya, silahkan lihat disini.


So... Selamat menikmati bakwan... ^^

No comments:

Post a Comment