Sunday 22 June 2014

Nugget Ayam Wortel, First Trial



Beberapa hari yang lalu saat menyiapkan bekal untuk si buyung sekolah saya kepikiran untuk membuatkannya nugget ayam. Selain praktis, nugget ini bisa disimpan di freezer sehingga kapanpun dibutuhkan tinggal keluarin dari freezer dan digoreng. Agar tidak gatot alias gagal total, saya mencoba membaca beberapa referensi resep lainnya
. Selain membaca resep dari salah seorang teman, saya juga membaca resep dari blog mba Endang disini. Tapi karena keterbatasan bahan yang ada dirumah, jadi nuggetnya saya bikin simple saja sesuai dengan bahan yang tersedia.

O iya... karena saya juga tidak punya kukusan yang besar, jadi nugget ini saya panggang bukan dikukus. Bagian dasar loyang saya lapisi dengan aluminium foil, lalu saya lapisi kembali dengan baking paper agar bagian dasar nugget tidak kecoklatan saat dipanggang. Hasilnya tetap lembut dan enak kok. Tapi mau nulis resepnya sebenarnya agak bingung karena saya pakai takaran kira-kira. hehe..

Bahan:
1 kg ayam cincang
2 buah wortel yang telah diserut
1,5 sdt garam
2 sdt bawang putih bubuk
1 sdt gula pasir
1/2 sdt merica putih bubuk
2 butir telur, kocok lepas
3 sdm tepung tapioka
Tepung terigu secukupnya (sekitar 2 sdm)

Bahan untuk pelapis
Tepung terigu secukupnya
2 butir telur + 2 sdm susu cair
Tepung panir
Masing-masing bagian beri sedikit garam dan merica

Cara:
1. Panaskan oven pada suhu 170 derajat C. Siapkan loyang 24x24 (atau sesuai ketebalan nugget yang diinginkan), alas dengan foil, lalu lapisi dengan baking paper. sisihkan.
2. Aduk semua bahan nugget hingga tercampur rata. Bila adonan terlalu encer, tambahkan terigu sedikit demi sedikit. 
3. Tuang adonan kedalam loyang, lalu panggang hingga matang. Keluarkan dan dinginkan. Lalu potong-potong sesuai selera.
4. Ambil satu potongan nugget, baluri dengan terigu, lalu celupkan kedalam kocokan telur dan kemudian baluri dengan tepung roti. Lalukan sampai adonan habis.
5. Nugget bisa langsung digoreng dalam minyak panas, atau dimasukkan kedalam plastic bag dan disimpan dalam freezer.

Nugget siap digoreng atau disimpan di freezer

Nugget siap masuk freezer


Tidak susah kan membuat nugget..? lebih nikmat disantap ditemani saos sambal ekstra pedas. Selamat mencoba... ^^

No comments:

Post a Comment