Friday 27 June 2014

Coklat Cake Kukus Dengan Coklat Ganache



Kue ini saya buat karena penasaran dengan resep steamed cake yang saya baca disini. Dari gambar yang ada terlihat kue nya begitu lembut. Dan sudah lama juga sebenarnya ingin makan kue coklat, namun karena suami tidak begitu suka dengan kue coklat jadinya keinginan untuk membuat kue ini tertunda terus. Beberapa hari yang lalu bertepatan dengan hari ulang tahun suami, saya pun memutuskan untuk membuat kue coklat ini. Awalnya sih beliau sudah mewanti-wanti untuk tidak membuatkan kue apapun kecuali putri ayu. Tapi saya bersikukuh bahwa kuenya nanti akan dibagi-bagi ke tetangga. Jadilah hari itu saya membuat kue kukus coklat dan putri ayu keesokan harinya.


Kembali ke si kue kukus. Kue ini hasilnya lembut sekali walaupun tanpa menggunakan emulsifier. Kemungkinan hasil lembut kue ini berasal dari baking soda dan penambahan air panas kedalam adonan sebelum kue dikukus. Kalo tidak salah namanya kimko (kimiko..??) reaction yaitu saat baking soda bertemu dengan air panas akan menghasilkan gelembung-gelembung udara sehingga kue menjadi lembut dan mengembang saat dimasak. Karena reaksinya hanya berlangsung selama 10 menit, maka kue harus segera dimasak begitu semua bahan dicampurkan.



Namun, ada sedikit tragedi kecil saat kue telah matang. Ternyata bagian bawah kue saya masih ada yang kurang matang, yaitu pas dibagian tengah-tengah dan beruntung hanya sekitar 1 ruas jari. Akhirnya saya putuskan untuk mengambil bagian yang tidak matang itu, dan akhirnya terbentuklah seperti kolam lingkaran kecil ditengah-tengah kue. Niat awal yang ingin membelah 2 kue lalu dioles coklat ganache ditengahnya pun saya urungkan. Beruntung, dirumah ada 4 box sweet strawberry, jadilah bagian permukaan kue termasuk kolamnya saya tutupi dengan coklat ganache, lalu saya tumpuk dengan strawberry diatas kolam tersebut. Hasilnya bikin saya kaget, cantik juga ternyata (itu kata saya loh... dan suami.. hehe..). Nah, karena bagian atasnya sudah menarik, saya pun merasa terpanggil untuk menghias bagian pinggirian kue. Berbekal youtube tutorial how to make ombre cake design, saya pun dengan semangat 45 langsung praktek. Tapi, teori memang tidak segampang praktek. Apalagi saya belum terbiasa untuk menghias kue, sehingga bisa dililhat digambar, hasil ombre design nya berantakan sekali. Jauh dari kata rapi. Walaupun demikian, bagi saya ini adalah salah satu kue hias saya yang paling cantik (baca: menurut saya loh, jangan bandingkan dengan kue hias yang ada di toko kue..hihihi..). Puas sekali dengan kue ini, teksturnya lembut, penampakannya pun cantik. Bolehlah untuk pemula seperti saya..hihihi..




Resepnya saya copas disini ya..

Bahan kering:
200 gr terigu serba guna
100 gr cocoa powder
1 sdt baking powder
1 sdt baking soda
1/2 sdt garam
1 bungkus vanila bubuk

Bahan basah:
3 butir telur
200 gr gula pasir
1 cup minyak sayur
1 cup susu kental manis (sweetened condensed milk)

1 cup air panas

Bahan chocolate ganache:
200 ml double cream
300 gr dark cooking chocolate (saya pakai 200 gr dark, 100 gr milk chocolate)
1 sdm mentega

Cara:
1. Panaskan air didalam kukusan. Siapkan loyang bulat, alas bagian bawahnya dengan baking paper, olesi dengan minyak diseluruh permukaan. Sisihkan.
2. Bahan basah. Kocok telur dan gula pasir sampai telur berwarna pucat dan gula larut. Masukkan susu kental manis dan minyak.
3. Ayak semua bahan kering, lalu campurkan kebahan basah dalam 3 tahap (agar memudahkan proses pengadukan), hingga semua tercampur rata.
4. Masukkan air panas, aduk cepat hingga rata. lalu segera tuang kedalam loyang. Tutup longgar permukaan loyang dengan foil. Kukus hingga matang selama kurang lebih 1 jam. Tes dengan tusuk gigi atau batang spageti. Bila tidak ada adonan yang menempel lagi di tusuk gigi tandanya kue telah matang. Bila masih ada adonan yang menempel, lanjutkan mengukus kurang lebih 10-15 menit lagi. Cek setiap 5 menit sekali. Setelah matang, angkat dr kukusan, keluarkan dari loyang. Dinginkan.
5. Selagi menunggu kue dingin, buat choc. ganache. Panaskan double cream dan mentega hingga mentega meleleh (jangan sampai mendidih). Sementara itu potong-potong coklat dan taruh dalam wadah. Tuang cream panas keatas coklat. Biarkan sebentar hingga coklat meleleh dengan sendirinya, lalu kocok perlahan hingga coklat tercampur dengan cream.
6. Biarkan ganache sedikit dingin sebelum dioles keatas kue. Kue siap dihias sesuai selera.

note: semakin dingin ganache akan semakin mengental. Bila ganache terlanjur mengeras, panaskan sebentar dengan cara di tim hingga mencapai konsistensi yang diinginkan.

Bila kue telah dihias tapi masih ada coklat ganache yang tersisa, jangan buru-buru dibuang. Sisa ganache bisa dibikin jadi chocolate truffle loh. InsyaAllah di next post ya...

Anyway... selamat mencoba... ^^

No comments:

Post a Comment