Wednesday 18 June 2014

Hokkaido Cupcake



Sudah lumayan lama sejak pertama kali saya melihat resep ini di youtube. Tapi waktu itu hanya sekedar melihat saja sebagai teman begadang saat harus menyusui si upiak dimalam hari. Namun beberapa waktu yang lalu saya melihat seorang teman memposting gambar hokkaido cupcake
ini. Ingatan saya langsung menuju video yang pernah saya tonton dulu.

Tak puas hanya sampai di video, saya pun mencoba mencari tau lagi apa itu hokkaido cupcake. Menurut link yang saya baca disini, Hokkaido cupcake tak lebih dari chiffon yang dipanggang didalam loyang cupcake. Saat sudah dingin, cupcake ini akan sedikit mengkerut kedalam dan bagian permukaannya akan sedikit berkerut-kerut. Untuk membuat cupcake kembali "gendut", disemprotkanlah fla vanilla dengan menggunakan piping bag. Tekstur cupcake yang sangat lembut dan airy membuat fla dapat terdistribusi dengan baik kedalam cupcake. Tapi butuh kehati-hatian juga dalam mengisikan fla kedalam cupcake ini, karena kalau terlalu banyak cupcake akan pecah dan tidak terlihat terlalu menarik.



Lantas apakah kue asalnya dari Jepang? ternyata tidak. Kue ini dinamakan Hokkaido cupcake karena yang pertama kali membuat kue ini memakai susu yang berasal dari Hokkaido. Ntahlah itu benar atau tidak, yang penting jenis cupcake ini wajib dicoba. Dan jangan sering-sering membuatnya, karena teksturnya yang sangat lembut bikin lupa sudah berapa buah cupcake yang masuk ke mulut...hihihi...

Resep cupcake ini saya copas dari sini. Silahkan kalau ada yang berminat nonton langsung videonya. Bagi yang tidak mau repot mampir ke youtube, saya tulis disini ya...

Bahan A:
3 butir kuning telur
20gr gula pasir
40ml susu cair
40ml vegetable oil
60gr terigu serba guna
1 bungkus vanilli bubuk
Sejumput garam

Bahan B:
3 butir putih telur
40gr gula pasir

Bahan Custard:
200 ml susu cair
2 butir kuning telur
40 gr gula pasir
1 sdm terigu
1 sdm maizena
1 bungkus vanilli bubuk
100ml double cream + 1 sdm gula bubuk, kocok hingga kaku, simpan dilemari es hingga saatnya digunakan.
Cara:
1. Panaskan oven pada suhu 180 derajat C. Siapkan loyang cupcake, alas dengan cupcake liners.
2. Buat bahan B. Kocok putih telur dengan menggunakan mixer hingga berbuih, lalu masukkan gula sedikit demi sedikit sambil terus dikocok hingga kaku. Sisihkan.
3. Buat bahan A. Kocok kuning telur dan gula pasir hingga berwarna pucat dan gula larut. Masukkan oil dan susu, kocok hingga semua tercampur rata. Lalu dengan menggunakan spatula masukkan terigu dan garam. Aduk rata kembali.
4. Masukkan 1/3 adonan putih kedalam adonan kuning. Aduk balik hingga semua adonan putih menyatu dengan adonan kuning. Masukkan sisa adonan putih, aduk balik sampai rata.
5. Bagi rata adonan kedalam masing-masing cupcake liners hingga 2/3 tinggi liners. Lalu panggang selama kurleb 20 menit atau hingga cupcake matang. Keluarkan dari oven dinginkan.
6. Sementara itu buat adonan custard. Campur semua bahan (kecuali kocokan double cream). Aduk hingga semua larut, lalu saring. Masak didalam sauce pan dengan api sedang sambil terus di aduk hingga kental. Matikan api, taruh dalam wadah bersih. Tutup dengan plastic wrap dengan cara plastic wrap menyentuh permukaan custard. Dinginkan.
7. Setelah dingin, campur custard dengan kocokan double cream, masukkan kedalam piping bag.
8. Ambil satu buah cupcake, semprotkan custard kedalamnya melalui bagian atas cupcake dengan cara ujung piping bag langsung ditusukkan kedalam cupcake. Saat custard disemprotkan, cupcake akan menjadi "gemuk" dan terlihat padat. Lakukan sampai habis.
9. Hokkaido cupcake siap dinikmati

note: Cupcake akan sedikit mengempis setelah matang.



Hokkaido cupcake ini sepertinya bisa divariasikan menjadi cupcake pandan, jeruk, strawberry, atau yang lainnya sesuai selera. Hokkaido cupcake pandan menjadi target prakter selanjutnya.. hehe..

Selamat mencoba.... ^^

No comments:

Post a Comment