Wednesday 21 January 2015

Yorkshire Pudding versi nusantara


Yorkshire pudding ini adalah salah satu jenis makanan pendamping bagi British. Yorkshire pudding ini terbuat dari terigu, telur dan susu (kalau tidak salah..hehe..) dan dipanggang didalam loyang yang mirip dengan loyang muffin yang biasanya disebut dengan bun pan. Rasanya seperti adonan biasa yang berbentuk bundar dengan bagian tengah yang cekung. Yorkshire pudding biasanya disajikan sebagai wadah untuk menaruh gravy*, atau ada juga yang menyajikannya sebagai dessert.


Di uk ini banyak sekali ditemukan yorkshire pudding, mulai dari adonan siap jadi ataupun yang sudah dimasak yang biasanya tersedia dalam keadaan beku. Hanya saja bagi teman2 Indonesia disini yorkshire pudding ini biasanya diisi dengan isian yang mirip dengan isian risoles lalu kemudian ditaburi keju, kemudian dioven sebentar untuk melelehkan si keju tersebut. Rasanya mirip dengan risoles. Ya iyalah, wong isiannya juga isian risoles.. hehee... 

Camilan ini lumayan menjadi camilan praktis nan disukai semua orang disini. Membuatnya pun tidak repot. Tinggal beli frozen yorkshire puddingnya, bikin isian, jadi deh. Berhubung saat membuat ini saya tidak punya stok keju, akhirnya saya mencoba menaburi si yorkshire ini dengan tepung roti yang telah diberi sedikit garam dan merica hitam. Lalu dipanggang sebentar hingga bagian atasnya kecoklatan dan menjadi crispy. Eh, ternyata enak juga loh. 

Karena saya tidak pernah membuat yorkshire pudding from scratch, jadinya resep dan cara pembuatannya saya copas dari youtube channel saja ya disini

Resep isian yorkhire pudding (aka, isian risoles..hehe..)

Bahan:
1/4 kg daging ayam cincang
2 buah wortel, potong dadu
2 buah kentang, potong dadu
1/2 potong bawang bombay, potong dadu
2 siung bawang putih, cincang halus
2 batang daun bawang, iris halus
1/2 batang seledri, potong2
1 sdt garam
1/4 sdt merica hitam
1/2 sdt kecap manis
1/4 sdt pala bubuk
sedikit air

Bahan topping:
Tepung roti secukupnya
Sedikit garam dan merica hitam

Cara:
1. Masak ayam cincang dengan api besar hingga mulai kecoklatan, beri sedikit garam dan merica, masukkan bahan2 yang lain. Masukkan sedikit air, masak hingga matang dan agak kering. Dinginkan.
2. Masukkan 1-2 sdm isian kedalam yorkshire pudding, tata diatas loyang yang telah dialas foil.
3. Taburi dengan topping, lalu panggang hingga bagian atas kecoklatan.
4. Angkat, sajikan.


*gravy: Saos yang terbuat dari sisa bumbu protein yang di grill atau di roast yang biasanya menempel di pan. kemudian ditambah sedikit bahan tambahan lain lalu dimasak hingga mencapai konsistensi yang diinginkan.


Selamat mencoba... ^^

No comments:

Post a Comment