Wednesday 21 January 2015

Sate Padang (Padang-an)


Hhhmmm...sate padang-padang-an...Yup, saya ga berani kasih judul sate padang beneran karena saya ga pernah tau resep asli sate padang itu seperti apa. Sebelumnya saya juga sudah pernah posting resep sate padang. Tapi karena kebetulan beberapa hari yang lalu masak sate padang, ya sudah sekalian saya posting lagi saja sekalian update fotonya.. hehe..


Masak sate ini juga karena permintaan dari suami yang ingin memberi makanan khas Indonesia kepada salah satu temannya yang notabene adalah bule. Kebetulan di freezer masih ada stok daging sapi 1kg yang sudah lama tak tersentuh. Kebetulan juga sudah lamaaa sekali saya tidak pernah bikin sate lagi. Kebetulan lagi saya masih punya sisa tusuk sate dilemari. Naaah, kebetulan-kebetulan itulah yang akhirnya memantapkan semangat saya untuk langsung terjun ke medan dapur dan berjuang memasak sate padang ini. Alhamdulillah feedback dari si bule juga memuaskan. "So delicious, but HOT", seperti itulah kira2 komentar si bule tadi. hehe..Alhamdulillah..



Ini resep sate padang ala saya

Bahan:
1 kg daging sapi (with fat)
1L air (secukupnya untuk merebus daging)
2 buah star anise
4 buah kapulaga
5 buah cengkeh
2-3cm kayu manis
1/4 sdt pala bubuk
1 buah sereh, digeprek
3 lembar daun salam
4 lembar daun jeruk
3 batang daun bawang

Bumbu halus:
1/2 potong bawang bombay
6-7 siung bawang putih
2 ruas jari kunyit
2 ruas jari jahe
2 ruas jari laos
1/2 sdt ketumbar bubuk
1 sdt cabe bubuk (atau cabe halus sesuai selera)
Garam
Merica
Gula pasir
Kaldu blok/bubuk (optional)

Pengental:
200gr tepung beras

Bahan pelengkap:
Lontong/ketupat
bawang goreng
Kerupuk balado

Cara:
1. Cuci bersih daging, lalu baluri dengan bumbu halus. Diamkan minimal 30menit atau semalaman.
2. Rebus daging dan bahan2 yang lain hingga daging empuk. Angkat daging, dinginkan. Potong2 daging sesuai selera, lalu tusuk menggunakan tusuk sate. Sisihkan.
3. Masak kembali air kaldu sisa merebus daging. Tambah sedikit air bila perlu. Lalu tes rasa. Bila sudah pas dengan selera, ambil sedikit kuah lalu campur dengan tepung beras hingga tepung larut (campurkan setengah bagian tepung terlebih dahulu, bila kurang kental tambah sedikit demi sedikit). Aduk rata dan teruskan memasak hingga kuah mengental dan meletup2. (Kuah akan semakin mengental bila sudah dingin)
4. Bila daging sate terasa hambar, taburi dengan sedikit garam lalu diamkan sebentar. Lalu panggang (atau bakar). Saat membakar sate bisa dioles dengan minyak bawang (goreng beberapa siung bawang putih yang telah diiris menggunakan api kecil, lalu gunakan sisa minyak untuk mengoles sate saat dibakar).
5. Tata ketupat/lontong dipiring, sajikan dengan beberapa tusuk sate. Tuang sedikit kuah, lalu taburi dengan bawang goreng. Beri kerupuk balado sebagai pelengkap. (note: disini saya suka makan kuah sate dengan kerupuk kentang asda). Sate padang siap disajikan.



Dari beberapa resep sate padang yang saya browsing, kebanyakan menambahkan bumbu kari didalam kuahnya. Boleh juga untuk dicoba. Anyway... bagi saya pribadi sate ala padang-padang-an ini lumayan lah untuk mengobati rasa kengen setelah lebih dari 3 tahun tidak ketemu abang tukang sate di Padang.. hehee...

Selamat mencobaa.. ^^

No comments:

Post a Comment