Friday 23 January 2015

Bakso Ayam (lagi..)


Setiap Autumn atau Winter tiba, sudah seperti keharusan bagi saya untuk menyetok bakso di freezer. Dingin2, apa sih yang bisa mengalahkan nikmatnya makan bakso dan menyeruput kuahnya yang hangat plus pedas dan gurih itu? hhhmmm....Tak terkecuali winter tahun ini. Saat beberapa hari yang lalu akhirnya salju turun menyelimuti Newcastle, suami pun langsung minta dibikinkan bakso. Berhubung saat itu saya sedang kehabisan stok bakso, jadinya saya harus bikin stok yang baru. Untungnya di freezer masih ada 1 kg brisket sapi yang memang enak untuk dijadikan kuah kaldu bakso.


Resep bakso yg saya gunakan sama seperti resep bakso yang pernah saya posting sebelumnya, bisa dilihat disini ya. Hanya saja, kali ini saya ingin upgrade kaldu baksonya. Resepnya saya dapatkan dari salah seorang teman disini yang terkenal dengan homemade baksonya yang yummy sekali..




Langsung saja ya..

Bahan kuah kaldu:
1 kg brisket sapi (atau bisa menggunakan tulang stengkel sapi)
Air secukupnya untuk merebus

Bumbu
Bawang merah goreng
Bawang putih goreng
Seledri, iris tipis
Garam
Merica
Gula pasir
Kaldu block (opt)

Cara:
1. Rebus brisket dengan sedikit air menggunakan api besar. setelah didihan pertama, angkat, buang air rebusan tadi. Cuci bersih brisket, lalu rendam kembali dengan air bersih. Masak dengan api kecil minimal 4jam.
2. Haluskan bawang merah dan putih goreng, masukkan ke air rebusan. Beri seasoning. Kaldu siap disajikan bersama pelengkap bakso yg lain.




Selamat mencoba.. ^^

No comments:

Post a Comment