Sunday 11 May 2014

Discover Indonesia 2014


Beberapa hari yang lalu saya dan beberapa teman saya disini berkesempatan untuk ikut serta memeriahkan acara Discover Indonesia yang diselenggarakan oleh PPI (Persatuan Pelajar Indonesia) Newcastle. Walaupun ini adalah kali pertama acara tersebut digelar, namun alhamdulillah terbilang sukses. Discover Indonesia diselenggarakan
selama 4 hari berturut2. Hari pertama dan kedua diisi dengan bazaar makanan dan pernak pernik khas Indonesia. Hari ketiga diisi dengan pertunjukan pada malam harinya (kalo saya ga salah),dan hari keempat yang merupakan puncak acara diisi dengan pagelaran tari dan kesenian Indonesia dari berbagai daerah di tanah air. Para penarinya ya para mahasiswa/i atau warga Indo yang ada disini. Jadi walaupun tak se sempurna penari daerah profesional, namun usaha yang mereka tunjukkan patut diacungi jempol, karena tak mudah pastinya mempersiapkan segala sesuatunya mulai dari latihannya sampai mempersiapkan kostum.

Kalo di rekap, acaranya seru kalo menurut saya.. apalagi ini kali pertama saya jualan yang beli adalah warga lokal dan para mahasiswa internasional dari berbagai negara, dan yang dijajakan adalah makanan khas Indonesia pula. Kebetulan saat itu saya menyediakan menu sate padang, sate ayam, tahu isi dan putri ayu. teman saya yang lain menyediakan menu ikan2an seperti ikan bakar dan ikan bumbu rujak serta jajanan pasar lainnya seperti onde2, dadar gulung, dll..


Tak banyak ekspekstasi bahwa jualan ini akan laris manis mengingat dimenit2 awal tak begitu banyak pengunjung yang datang. Namun siang harinya saat break lunch, para pengunjung datang berbondong2 untuk melihat2 apa saja yang dijajakan saat itu. sedikit kewalahan memang, tapi sungguh pengalaman yang luar biasa bagi saya. mereka tak hanya membeli, namun juga menunjukkan ketertarikannya pada apa yang terhidang di meja dagangan. bahkan tak sedikit yang bertanya,diantara makanan yg terhidang ini yg mana yang paling kamu rekomendasikan? lah...bingung toh jawabnya yg mana...semuanya kan dagangan...hehehe...akhirnya saya coba jelaskan satu persatu menu yg ada, dari apa saja mereka terbuat sehingga pengunjung bisa sedikit meraba2 kira2 jenis makanan mana yg cocok dilidah mereka.

Salah satu moment yang paling seru bagi saya adalah saat saya menjelaskan 'lontong'...kebanyakan mereka tidak tahu apa itu lontong. ada yg bilang lontong itu bhs inggrisnya rice cake..tapi kok ya saya agak2 ga setuju je, karena setau saya rice cake itu refer nya ke rice cake nya korea...jadi dari pada bingung akhirnya saya tunjukkin aja bentuk lontong itu seperti apa...saat saya nunjukkin itu ekspresi mereka bermacam2...ada yang lempeng aja, ada yang terlihat tertarik, bahkan ada yang mengernyitkan dahi, ntah apa yg ada dipikiran mereka.

Selain itu ada juga pengunjung yang bertanya, kenapa semua snack ini berwarna hijau?...dari apa warna hijau itu dihasilkan, kenapa semua makanan ada kelapanya, dsb, dsb....hampir setiap pengunjung bertanya tentang makanan yg mereka beli...capek juga sebenarnya menjelaskan satu persatu dan berulang2, namun disitulah letak keistimewaannya...bisa mempromosikan budaya indonesia melalui makanan itu rasanya sesuatuuuu bgt...hehehe...


Ini beberapa foto yang saya ambil dari album ppi newcastle sebagai kenang2an...




















No comments:

Post a Comment