Saturday 12 April 2014

Klepon / Onde-Onde




Kalo di jawa namanya klepon, tapi kalo di sumatera disebut onde2...Jajanan yang satu ini merupakan salah satu makanan favorit keluarga, terutama saat bulan Ramadhan tiba.
Saat Ramadhan onde2 dan jajanan2 tradisional lainnya dijual di pasar kaget yang hanya ada saat bulan Ramadhan. Hampir setiap hari sepulang dari kantor, papa selalu membawa sebungkus onde2 untuk menjadi menu berbuka puasa. Namun hanya saat Ramadhan saja..di hari lain tak begitu tertarik dengan si onde2..

Sejak menetap di Newcastle ini, kangen makan onde2 saya rasakan tak hanya saat Ramadhan tiba...hampir setiap hari rasanya ingin makan jajanan ini...namun apa daya...bahan2nya termasuk mahal..1 bungkus gula merah isi 6 potong kecil blog dengan diameter dan tinggi lebih kurang 5cm dihargai £1.90, belum lagi shreded coconut yang satu bungkusnya seharga £1.99...Kalo hitungan kasarnya, untuk menikmati klepon saya harus merogoh kocek sekitar £5.00...Dengan nominal segitu disini bisa dapet ayam ukuran medium 1 ekor, atau chicken leg 3kg, atau biskuit asda berbungkus2, atau seabreg sayuran di toko sayur, atau 60 butir telur ayam segar, daaaaan atau2 yang lainnya...huehehe...lah kalo gitu kenapa bikin onde2 kalo ga mau rugi?? wkwkwkkwk...

Mau gimana lagi...walaupun tinggal di negeri bule, selera ttp ngendonesah sekali...

Tapi belakangan saya menemukan solusi untuk menekan sedikit pengeluaran untuk membuat onde2...Iseng2 saat belanja ke asda (supermarket di UK), saya melihat desicated coconut di rak bahan2 baking...karena penasaran, saya beli deh tu coconut..apalagi sebungkus cuma £1.00...Tapi saya masih bingung mau bikin apa pake coconut ini...akhirnya saat suami request minta dibikinin onde2, iseng2 saya coba deh balurin onde2 yg telah mateng ke coconut itu...eeeh...ternyata enak juga...siip dah...murah meriah dan ga repot pake acara kukus2an lagi...1 bungkus bisa untuk 2x bikin..



Saya ga pernah menakar ukurannya kalo bikin onde2...jadi takaran resepnya kira2 aja..

Bahan:

Tepung ketan putih
Sedikit garam
Sekitar 2sdm air kapur sirih
Air secukupnya
Sedikit pasta pandan

bahan isian:
Gula merah yang disisir halus...Lebih baik disisir halus dari pada di potong2 agar meminimalkan kemungkinan gulanya meleber keluar

bahan taburan:
Desicated coconut, atau kelapa parut fresh yang telah dikukus matang dan dicampur sedikit garam

Cara:
1. Campur semua bahan menjadi satu. aduk dan uleni sampai semua tercampur rata dan adonan bisa dipulung
2. Bulatkan adonan, isi dengan gula merah, bulatkan kembali lalu masukkan kedalam air yang sedang mendidih dan tunggu sampai mengapung. Angkat, tiriskan dan langsung gulingkan kedalam parutan kelapa. Onde2 siap disajikan.

Jadi, mau namanya onde2 atau klepon, tetaaaap nikmat disantap sebagai teman ngupi2 ato nge-teh...bungkuuuuuus....

nb: kapur sirih menjadi salah satu elemen penting dalam membuat onde2 agar teksturnya menjadi sedikit padat dan tdk terlalu kenyal..begitu kata mertua saya wkt pertama kali saya belajar bikin onde2..hehehe...

No comments:

Post a Comment