Saturday 7 February 2015

Shepherd's Pie atau Chickenerd's Pie?


Resep aslinya bernama shepherd's pie yang terbuat dari daging kambing cincang plus bahan tambahan lainnya, lalu ditutup dengan mashed potato dan kemudian dipanggang hingga bagian atasnya kecoklatan. Namun tak sedikit juga yang akhirnya mengganti daging kambing cincang dengan daging sapi cincang. Dan karena saya bukan penggemar daging kambing ataupun penikmat daging sapi (baca: mahal...hehe..), jadinya saya berubah haluan menggunakan daging ayam cincang, plus bagian atasnya ditaburi bread crumb biar agak krenyes krenyes...enaaak sekali, mirip dengan pastel tutup (sepertinya, karena saya belum pernah mencoba pastel tutup versi Indonesia)


Jumlah mashed potato diatasnya bisa disesuaikan dengan selera masing2. Berhubung saya penggemar mashed potato, jadi jumlah mashed potatonya sama banyaknya dengan bahan isian.  Toppingnya juga sesuai selera, bisa ditaburi keju parut, bread crumb, atau polos saja.



Anyway, ini resep shepherd's pie ala saya

Bahan isian:
1/2 kg daging ayam cincang
3 buah wortel, potong dadu
2 batang celery (celery di UK ini ukuran jumbo), iris2
3 batang daun bawang, iris2
1 buah bawang bombay, potong dadu
4 siung bawang putih, cincang halus
Garam
Merica hitam
1sdm kecap manis
1/4 sdt buah pala bubuk
1sdm maizena
Sedikit air
Minyak untuk menumis
(Bisa tambah bahan lain sesuai selera, seperti peas, jagung manis, dsb)

Cara:
1. Tumis ayam cincang dalam wajan dengan api besar, lalu masukkan bawang putih, garam dan merica.
2. Masukkan bahan lainnya kecuali maizena. Masak hingga sayuran matang. Lalu larutkan maizena dengan sedikit air. Masukkan ke tumisan ayam. Masak hingga isian mengental. Tes rasa. Lalu masukkan kedalam pinggan tahan panas yang sudah dioles sedikit minyak. Sisihkan. Lanjutkan membuat mashed potato.


Bahan mashed potato:
6 buah kentang ukuran sedang, kupas kulitnya lalu rebus sampai empuk
50-100 ml susu cair, hangatkan (jangan dingin)
4 sdm butter/mentega
Garam&merica hitam

Cara:
1. Hancurkan kentang yang telah direbus hingga benar2 halus. (lalukan ketika kentang masih panas), lalu masukkan butter. Aduk rata.
2. Masukkan susu cair sedikit demi sedikit hingga adonan mashed potato menjadi lembut. Konsistensi kentang sebaiknya agak encer (seperti konsistensi soft peak pada whipped cream), agar hasil akhirnya tidak kering.
3. Setelah sampai pada konsistensi yang diinginkan, bumbui dengan garam dan merica. Lalu tuang mashed potato keatas isian. Ratakan. Beri topping bila mau. Lalu panggang didalam oven yang telah dipanaskan pada suhu 180 derajat C hingga bagian atasnya kecoklatan.
4. Pie siap disajikan.

Penyajiannya cukup di scoop seberapa yang kita inginkan alias free style. Bila ingin sedikit rapih, sebaiknya tunggu pie dingin terlebih dahulu, agar mashed potatonya bisa menahan bentuknya saat dipotong dan dipindahkan ke piring saji. Tapi bagaimanapun cara menyajikannya, shepherd's pie ini tetap menggugah selera. 



Selamat mencoba... ^^



No comments:

Post a Comment