Tuesday 31 March 2015

Ayam Goreng Padang Bumbu Lengkuas

 

Kalau bicara soal ayam goreng, hampir semua orang sudah dipastikan suka. Yaa kecuali kalau ada yang memang tidak suka ayam. Hehe... Jenis ayam goreng pun beraneka ragamnya. Ayam goreng tepung, ayam goreng kentucky, ayam goreng mentega, ayam serundeng, dan seterusnya, daaan seterusnya. 

Kalau di daerah asal saya, tidak hanya ayamnya yang digoreng, tapi juga bumbu2 sisa me-ungkep ayam pun juga ikutan digoreng hingga benar2 kering dan renyah. Sudah bisa dipastikan rasanya enaaaak sekali.
Ayam goreng bumbu ini juga salah satu makanan favorit dikeluarga saya dulu sewaktu kecil, terutama saat Ramadhan. Biasanya mama juga akan menambah bumbu ekstra karena biasanya bumbunya duluan yang laris manis.

Masih dalam rangka ayam goreng mania dirumah nih. Hihihi...ayam goreng mania? Yup, sejak sebulan belakangan kami sekeluarga dilanda demam ayam goreng. Gara2nya lagi bosan makan menu yang lain hingga pada suatu hari saya membuat ayam goreng dan sedikit sambal terasi sebagai pendampingnya. Ternyata semua suka dan "bergairah" untuk makan kembali. Akhirnya sejak saat itu menu sehari2 tak jauh2 dari ayam goreng dan sambal terasi sesuai request suami tercinta. 

Kebetulan 2 hari yang lalu saya membaca postingan resep dari seorang sahabat. Melihat resep itu, saya jadi teringat lagi akan ayam goreng buatan mama. Hhm...nostalgia sekalian melepas rindu akan mama melalui masakan nih ceritanya.

Anyway, ini resepnya saya tulis disini ya

Ayam Goreng Padang Bumbu Lengkoas
Resep dari: Biyay AtharSabai
Modified by me

Bahan:
1 ekor ayam
3 sdm air perasan jeruk nipis
2 lembar daun salam
5 lembar daun jeruk
1 batang sereh, memarkan
75 gr lengkuas, parut (saya blender bersama bumbu halus)
Air secukupnya untuk merebus

Bumbu halus:
10 siung bawang putih
2 ruas jari jahe
1 ruas jari kunyit (saya menggunakan 1 sdt kunyit bubuk)
5 butir kemiri
2 sdt garam

Cara:
1. Cuci bersih ayam, lumuri dengan air jeruk nipis. Diamkan 15 menit, cuci bersih.
2. Campur ayam, sisa bahan dan bumbu halus. Masak dengan api sedang hingga ayam matang dan airnya rebusan habis dan kering.
3. Pisahkan ayam dari sisa bumbu.
4. Goreng ayam hingga kecoklatan. Tiriskan. Sisihkan.
5. Goreng sisa bumbu ungkep dengan api sedang sambil terus diaduk hingga bumbu berwarna kecoklatan dan kering.
6. Angkat, saring, dan taburi diatas ayam goreng. Ayam goreng siap disajikan.



Sedikit tips dari yang share resep. Katanya bila saat direbus ayam sudah matang tapi air rebusan masih banyak, segera keluarkan ayam dan lanjutkan memasak air rebusan hingga airnya habis..

So... Selamat mencoba... ^^

No comments:

Post a Comment