Friday 20 March 2015

DIY Tube Pan Untuk Chiffon Cake



Belum pernah membuat chiffon cake? Terus begitu browsing ketemu resep yang menggunakan tube pan atau loyang bulat yang ada bolong tengahnya? Lantas mengurungkan niat karena ternyata tidak punya loyang tersebut? Hmmm...tunggu dulu.. Jangan buru2 buka online shop (curhat deh..).

Dari dulu ingin rasanya memiliki tube pan untuk membuat chiffon cake seperti yang biasanya saya lihat di google atau di youtube. Tapi di kantong saya, tube pan itu termasuk kategori mahal (disini, kalau di Indo sih ga tau... :D ). Karena itu saya lebih memilih untuk menggunakan loyang apa saja yang saya punya untuk membuat chiffon. Alhamdulillah hasilnya tetap lembut ( kata suami saya loh... hihihi)

Lalu sebenarnya tube pan itu untuk apa? Well, saya bukan ahli baking2an. Ini menurut analisa abal2 saya saja ya. Semoga benar, atau paling tidak mendekati lah.. hehe.. Dalam pembuatan chiffon cake atau jenis kue yang harus memisahkan kuning dan putih, timing adalah segalanya. Setelah mencampur adonan putih dan kuning, adonan harus segera dimasukkan kedalam oven yang telah dipanaskan sebelumnya. Hati2 dengan suhu juga. Suhu oven yang terlalu panas menyebabkan permukaan chiffon retak. Bila terlalu rendah, chiffon berpotensi bantat karena suhu tidak cukup panas untuk membuat adonan set. Hubungannya dengan tube pan? ga ada ding...hehe..

Karena adonan chiffon biasanya lebih banyak, jadi bila menggunakan loyang bulat diameter 24cm misalnya, chiffon akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk matang terutama dibagian tengahnya. Biasanya, bagian pinggir akan matang lebih cepat matang dari pada bagian tengah cake. Makanya kenapa saat test tusuk yang disuruh tusuk adalah bagian tengah bukan bagian pinggir. 

Karena chiffon cake supposedly adalah cake yang lembut dan airy, jadi bila terlalu lama didalam oven menunggu bagian tengah matang, mengakibatkan bagian pinggiran cake yang telah lebih dulu matang menjadi kering atau tidak selembut bagian tengah. Jadi, tujuan menggunakan tube pan saat memanggang chiffon cake adalah agar adonan cake matang sempurna secara merata dan menyeluruh dalam rentang waktu yang sama.



Tapi bukan berarti suatu keHARUSan untuk menggunakan tube pan. Bisa saja pastinya menggunakan loyang yang lain, segi empat, bulat atau persegi, atau apapun. Yang harus diingat adalah sebaiknya tidak menggunakan loyang yang diameternya kecil sehingga menghasilkan chiffon yang tinggi. Karena semakin tinggi volume nya semakin lama waktu yang dibutuhkan bagi chiffon untuk matang sempurna. Bila terlalu lama dipanggang, bisa dipastikan chiffon akan cenderung kering dan tidak terlalu lembut lagi.

Cara yang paling efisien adalah dengan melakukan konversi resep sesuai dengan loyang yang akan kita gunakan. Bisa googling cara konversinya bila belum familiar. Atau, ada juga yang meletakkan benda kecil ditengah cake selama proses pemanggangan sebagai media pengantar panas agar bagian tengan cake juga matang disaat bersamaan dengan bagian pinggir.

Masih ngotot ingin menggunakan tube pan tapi tidak punya dan tidak mau beli? Saya ada triknya. Bukan ide dari saya sih. Waktu itu saya iseng mencari ide untuk membuat cake box sendiri, tapi malah nyasar disalah satu artikel (yg saya lupa save dan tidak ingat sama sekali key word nya) tentang DIY tube pan.

Caranya gampang. Ambil loyang bulat (saya menggunakan loyang diameter 24cm), lalu letakkan ramekin atau benda lain yang berdiameter lebih kecil dari diameter loyang dan tahan panas pastinya, lalu letakkan ditengah2 loyang. Agar lebih secure dan jika memungkinkan, tumpuk atau beri beban benda tersebut untuk memastikan tidak akan ada adonan yang merembes dibawahnya. Untuk sementara saya cuma recommend menggunakan DIY ini untuk cake yang adonannya kental seperti chiffon. Untuk cake yang adonannya lebih encer, saya belum tau sih bisa atau tidaknya... Belum pernah coba soalnya. Hmm.. next project kue sarang semut pakai tube pan DIY nih sepertinya..

Dibagian tengah cake saya letakkan ramekin. Aslinya saya tumpuk 2, tapi yang satu udah keburu diambil karena ga sabaran mau lihat hasil cake nya.. :)


So... tunggu apa lagi.. yuk, segera coba bikin chiffon cake.. Sekali coba pasti ketagihan deh..hihi...Selamat mencoba.. ^^

No comments:

Post a Comment