Wednesday 1 April 2015

Steamed Moist Chocolate Cake


Cake ini saya buat beberapa minggu yang lalu sebagai hadiah untuk salah seorang teman yang saat itu anaknya sedang berulang tahun. Kebetulan saya sudah bookmark resep cake kukus dari mba Hesti yang sudah lama ingin saya coba. Tapi karena kesibukan yang lain (gaya euy...), jadinya keinginan tersebut tertunda terus, hingga akhirnya saya kepikiran untuk memberikan kue sebagai hadiah ulang tahun.

Kebetulan juga semua bahan lengkap di pantry. Jadilah tanpa ba bi bu, langsung menuju dapur dan mengeksekusi resep ini. Karena kue nya akan diberikan sebagai hadiah, tentu saja saya tidak bisa mencicipi hasil akhirnya. Tapi karena akan dijadikan perbandingan, bagian pinggir kuenya saya potong sedikiiiiiiiit sekali (hihihi... maap ya uni humai...ga keliatan kan??). Dari yang sedikit menurut saya kue nya enak dan butternya terasa. Tapi berhubung saya tidak pecinta cake yang terasa butternya, jadi lain kali jika ingin me remade kue ini, butter akan saya ganti dengan minyak sayur. Selain untuk lebih menonjolkan rasa coklatnya, minyak sayur juga akan menjaga kue nya tetap lembut. Eh, itu menurut pendapat dan selera saya loh ya. Maklum lah, lidah wong ndeso. Hehehe..


Untung baking pan nya, saya menggunakan round pan diameter 18cm. Tapi tetap saja hasilnya tidak terlalu tinggi. Tapi untunglah masih bisa dibelah. Kebetulan juga saya punya sedikit homemade strawberry jam yang saya buat beberapa waktu sebelumnya dan masih bertengger indah didalam lemari es tanpa tersentuh sedikitpun.

Katanya siiih...kue nya enak..hehe...Alhamdulillah...Hati senang karena bisa praktek resep baru, plus sekalian belajar dekor (yang pastinya terlihat amat sangat amatiran), plus bahagia karena bisa sharing kue. Mudah-mudahan yang menerima senang dengan kiriman kuenya...

Anyway...ini resepnya yang saya lihat dari blog mba hesti...

Bahan

180 gr butter
200 gr gula pasir
200 ml evaporated milk
2 butir telur, kocok lepas
100 gr terigu
50 gr coklat bubuk
1/2 sdt baking powder
1/2 sdt baking soda
Vanilla bean/ vanilla ekstrak/ vanilla bubuk
Selai strawberry atau selai lainnya sesuai selera

Cara:

1. Campur butter, gula pasir dan evaporated milk dalam saucepan, panaskan hingga gula larut dan butter meleleh. Matikan api. Biarkan hingga hangat.
2. Masukkan telur kedalam campuran susu yang sudah hangat (tidak terlalu panas lagi), aduk2.
3. Diwadah lainnya, ayak semua bahan kering. Masukkan campuran susu dan telur. Aduk rata.
4. Segera tuang kedalam loyang yang telah dialas baking paper dan dioles minyak. Tutup longgar bagian atasnya dengan aluminium foil. Masukkan kedalam kukusan yang telah dipanaskan sebelumnya. Masak hingga matang sekitar 40-45 menit atau hingga matang.
5. Angkat, dinginkan. Belah dua, isi dengan selai strawberry, lalu hias sesuai selera. Bisa menggunakan chocolate ganache atau menggunakan cream seperti gambar diatas. Atau mau dimakan plain juga enak kok.


Selamat mencoba... ^^

No comments:

Post a Comment