Thursday 3 September 2015

Mac&Cheese



Kurang dari sebulan menjelang hari H kembali ke tanah air membuat blog terbengkalai karena sehari2 disibukkan dengan urusan packing barang. Hhhfff... Alhamdulillah, suami telah menyelesaikan tugasnya sekolah disini dan kini saatnya kembali ke tanah air.. saatnya berkumpul dengan keluarga, insyaAllah.. Naaah... namanya juga pindahan, pasti terasa repot sekali. Apalagi tidak ada yang bisa membantu. Selain pusing memikirkan urusan packing barang, juga pusing mengatur lalu lintas perdapuran agar bahan2 yang tersisa dapat digunakan dan (berharap) habis sampai saatnya pulang nanti, jadinya tidak perlu banyak belanja lagi sih tujuannya.. huehe.. 


Ceritanya lagi istirahat sambil ngopi2 sambil nonton youtube channel favorit melihat seorang baker sedang memperagakan cara membuat cake yang berbentuk mac&cheese. Tiba2 saya ingat kalau masih ada setengah bungkus short cut pasta (saya ga tau namanya apa). Dari pada terbuang sia2, akhirnya kepikiran untuk membuat mac&cheese juga, mumpung ada sisa keju di kulkas sisa membuat martabak beberapa hari yang lalu.

Untuk resepnya, saya menggunakan bahan2 yang ada di kulkas saja. Plus pakai ilmu kira2.. Huehe.. 

Ini bahan2 yang saya gunakan untuk membuat mac&cheese kali ini

Bahan:
Sekitar 250gr short cut pasta / macaroni, rebus sampai matang
1 siung bawang putih cincang halus
1 sdm butter
1 sdm terigu
Sekitar 400-500 ml susu cair
Ayam yang sudah diungkep, potong dadu
1 sdm air kaldu (saya pakai air kaldu sisa ungkepan ayam)
Sekitar 75 gr keju parut (saya pakai cheddar yang mature extra strong)
Keju parut untuk taburan
Garam
Merica hitam

Cara
1. Tumis bawang putih bersama butter hingga wangi. Masukkan ayam, lalu masukkan terigu. Aduk rata, masak sekitar 1 menit. Lalu tuang susu sedikit demi sedikit hingga semua larut.
2. Tambahkan kaldu. Aduk hingga saus mulai mengental. Matikan api. Lalu masukkan keju yg telah diparut. Aduk2 hingga keju meleleh. Beri garam dan merica sesuai selera. 
3. Masukkan pasta, aduk rata. Tuang kedalam pinggan tahan panas. Beri parutan keju diatasnya, lalu panggang dengan api atas hingga keju meleleh dan berwarna kecoklatan. 



Lumayan mac&cheese nya sekalian jadi menu makan siang anak2, walaupun ditengah jalan si buyung minta ganti nasi karena dari dulu dia memang tidak terlalu suka dengan menu yang creamy2 begini. Habis setengahnya saja sudah pencapaian yang ruaaaaaaarrrr biasa... Huehe.. Kalau si upik? Hhhmmm... jangan tanya.. pelanggan setia masakan bundanya... Bangun tidur langsung habis 1 box seperti yang difoto... Alhamdulillah...

Selamat mencoba.. ^^

No comments:

Post a Comment