Monday 23 November 2015

Banana Cream Pie



Tiba2 teringat akan banana cream pie saat sedang iseng menonton youtube channel favorit. Waktu di Newcastle, ini adalah salah satu dessert fav saya. Selain gampang dibuat, bahan2nya pun tergolong murah meriah dan mudah didapatkan. Tapiiiii... lain cerita begitu sampai di Padang. Pie ini menjadi dessert "mewah" karena bahan2nya lumayan menguras kantong.. Huehe.. Well, bisa saja memang menggantinya dengan bahan2 yang biasa. Tapi tentunya akan membuat cita rasa yang dihasilkan pun berbeda.


Saya meng-copy resepnya dari situs laurainthekitchen.com/bananacreampie. Menurut saya resep ini yang paling pas di lidah saya dan keluarga. Yang membedakannya adalah penggunaan home made caramel sauce yang dicampur bersama potongan pisang.. Hmm... nikmaaaat sekali...

Yuk ah, langsung ke resepnya biar segera di eksekusi

Bahan Banana Cream Pie
by: Laura Vitale
Modified by me

Bahan Crust:
1/2 bungkus biskuit marie/regal, hancurkan sampai halus
50 gr salted butter (saya pakai anchor), lelehkan
1-2 sdm gula pasir

Cara:
Campur semua bahan crust hingga tercampur rata. lalu tuang dan padatkan didalam wadah (sesuai selera, saya menggunakan wadah aluminium seperti pada gambar diatas). Lalu simpan didalam lemari es.


Bahan saus karamel:
1 cup gula pasir
1/2 cup air
1/4 cup butter
3/4 cup whipping cream

Cara:
Campur gula dan air. Masak hingga gula berwarna kecoklatan. Masukkan whipping cream. Aduk cepat, tunggu sampai mendidih. Matikan api. Lalu masukkan butter. Aduk hingga butter meleleh dan tercampur rata. Biarkan dingin.

Bahan isian:
7 buah pisang yang dipotong2

Topping:
Whipped cream

Penyelesaian:
1. Aduk potongan pisang dengan saus karamel (bila saus karamel sedikit mengeras, panaskan sebentar cukup agar karamel sedikit loose)
2. Tuang potongan pisang keatas crust yang telah disiapkan terlebih dahulu. Lalu tutup dengan whipped cream
3. Drizzle dengan sisa saus karamel untuk hiasan. Dinginkan.




Gampang kan membuatnya? So simple yet so decadent... 

Selamat mencoba.. ^^


No comments:

Post a Comment