Monday 23 June 2014

Sate Ayam Sambal Kecap



Untuk membuat sate ayam disini tidaklah susah. Toko butcher halal disini menyediakan berbagai pilihan potongan ayam yang kita inginkan. Mulai dari whole chicken; large, medium dan small; chicken legs, chicken thighs, chicken drumstick, chicken breast, chicken minced, bahkan hati ampela juga tersedia. Membelinya pun tergantung kebutuhan, mau sekilo, 1/2kg, atau hanya butuh beberapa potong paha ayam. Si butcher akan melayani permintaan kita dengan ramah. Bagi saya, hal ini sangat membantu sekali. Apalagi
potongan ayam yang dijual sudah lumayan bersih sehingga tak perlu repot lagi untuk mempersiapkannya untuk dimasak.

Tapi saya paling anti bila membeli ayam dalam jumlah banyak lalu distok di freezer tanpa mengolahnya terlebih dahulu. Menurut saya pribadi, rasa dan warna ayam yang telah di defrost sedikit berbeda dengan yg langsung diolah. Ntahlah kenapa. Oleh karena itu, saya lebih suka bolak balik ke butcher halal untuk membeli ayam sejumlah keperluan saya. Bila ada sedikit waktu senggang (baca: tidak malas, hehe..), barulah saya membeli ayam dalam jumlah banyak untuk kemudian diolah terlebih dahulu sebelum dimasukkan kedalam frezzer. Untungnya letak butcher shop itu tidak jauh dari rumah, hanya sekitar 5 menit jalan cepat. Sehingga bolak balik dari rumah ke butcher shop tidak terlalu merepotkan.




Seperti beberapa hari yang lalu, saat sibuyung sakit dan tidak mau makan, saya memutuskan untuk membuatkannya sate ayam. Tak butuh waktu lama, saya langsung meluncur ke butcher shop dan minta diambilkan 1kg chicken breast fillet dan minta dipotong kecil-kecil, sehingga sampai dirumah ayam bisa langsung diolah menjadi sate ayam. Berhubung saat itu saya ingin satenya cepat selesai dan minus ribet, jadinya saya memutuskan untuk membuat sate ayam yang simple saja. Bumbu kecap menjadi pilihan saya. Sekitar 1jam kemudian, si buyung telah dapat menikmati sate ayam fresh dari oven.. Loh? tidak dipanggang? berhubung saya tidak punya grill maupun disposable grill, saya biasanya memanggang sate-satean didalam oven menggunakan api dari broiler yang ada dibagian atas oven.

Ini resep kilat sate ayam a la saya:

Bahan:
1 kg daging dada ayam, potong dadu sesuai selera
Tusuk sate sekitar 50 pcs

Bumbu untuk merendam ayam:
3 - 4 sdm kecap manis (sesuai selera)
2 sdm saos sambal pedas
1 sdt bawang putih bubuk (bisa pakai yang freshly minced)
1/2 sdt merica putih bubuk
1/2 sdt gula pasir
1/2 ketumbar bubuk
1 sdm vegetable oil
Garam secukupnya
Sedikit jeruk nipis

Cara:
1. Cuci daging ayam hingga bersih. Sisihkan.
2. Campur semua bumbu hingga rata. Cicipi sedikit, tambah garam atau bumbu lain bila perlu. Lalu masukkan ayam kedalam bumbu. Aduk rata. Diamkan dalam lemari es minimal 30 menit. 
3. Tusuk-tusuk sate ayam. lalukan hingga semuanya habis.
4. Panggang sate ayam sambil dbolak balik agar matang merata. 
5. Angkat, sajikan dengan sambal kecap.

nb: untuk resep sambal kecap bisa dilihat disini.


Selamat mencoba... ^^

No comments:

Post a Comment